Menteri Koperasi Siap Terjun ke Desa

Haryono Suyono saat berbincang dengan Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki

Haryono Suyono saat berbincang dengan Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki

GEMARI.ID. Senin, 13 Juli 2020 : Mantan Menko Kesra dan Taskin, Prof Dr Haryono Suyono hari ini bersilaturahmi dengan Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki di kantor Kementerian Koperasi dan UKM Jakarta. Pada kesempatan ini Menteri Koperasi dan UKM didampingi Deputi Kelembagaan Kemenkop, Rully Nuryanto, SE, MSi, sedangkan Haryono Suyono hadir bersama mantan Sesmenko Kesra dan Taskin, Dr Moch Soedarmadi, Maestro Consulting Coaching Communicating Indonesia, Dr Handoko Wignjowargo, Ketua Yayasan Anugerah Kencana Buana, Drs Fajar Wiryono, AA dan Dosen Pascasrajana Universitas Satyagama, Dr Mulyono D Prawiro.

Kedatangan Haryono Suyono dan rombongan antara lain memohon kesediaan Menteri Koperasi dan UKM untuk menjadi Narasumber acara Haryono Show yang akan digelar pada hari Rabu, 15 Juli 2020, yang pelaksanaannya dilakukan secara Virtual, dan rencana akan diikuti oleh sekitar 1000 peserta dari seluruh Indonesia.

Dalam kesempatan perbincangan tersebut, kedua tokoh bangsa menyinggung upaya bagaimana membangun Koperasi melalui kelompok-kelompok, terutama pada kelompok Posdaya, yang keberadaannya menyebar di seluruh Indonesia. Sementara itu, Haryono Suyono yang juga mantan kepala BKKBN, mengajak Menteri Koperasi dan jajarannya untuk membangun ekonomi keluarga dan membangkitkan budaya gotong royong di desa-desa dan sekaligus mendorong upaya pengentasan kemiskinan.

Banyak orang mengetahui, bahwa Haryono Suyono dan Yayasan Damandiri adalah menggagas berdirinya kelompok Posdaya, yang hingga tahun 2016 lalu, telah tercatat sekitar 55.000 kelompok Posdaya tersebar di seluruh Indonesia. Dari ribuan Posdaya tersebut, ada Posdaya yang sudah sangat maju, ada yang sudah berkembang, namun tidak sedikit yang baru mulai merintis usaha dengan kearifan lokal. Untuk itu perlu dukungan pemberdayaan agar Posdaya memiliki kemampuan untuk maju dan mandiri.

Selanjutnya, Haryono mengajak Menteri Koperasi untuk bersama-sama terjun ke desa-desa guna meninjau kegiatan Koperasi yang sudah mulai tumbuh dan sekaligus mengajak perguruan tinggi untuk bergabung dalam usaha besar memberdayakan keluarga di desa melalui KKN mahasiswa. Ajakan tersebut disambut dengan sangat antusias oleh Menteri Koperasi dan setelah Pandemi Covid 19 berakhir, beliau berjanji akan segera terjun ke desa-desa membantu memberdayakan keluarga melalui semangat gotong-royong dalam koperasi.

Koperasi Posdaya sangat strategis untuk membangun ekonomi masyarakat terlebih di era pandemi Covid19, ekonomi kerakyatan berbasis gotong royong akan mampu bertahan menghadapi segala situasi dibandingkan dengan usaha besar yang mulai banyak yang runtuh. Saat ini momentum tepat untuk membangkitkan koperasi dan mengembangkan Posdaya. Kolaborasi keduanya akan menjadi kekuatan dahsyat untuk memajukan masyarakat dan bangsa Indonesia. (Mulyono DP)

Haryono Suyono dan rombongan saat berbincang dengan Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki di kantor Kementerian Koperasi dan UKM, Jakarta

Haryono Suyono dan rombongan saat berbincang dengan Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki di kantor Kementerian Koperasi dan UKM, Jakarta

Mulyono PrawiroComment