Desa Lalabata Sulap Saluran Irigasi Jadi Areana Wisata

Barutung.jpg

Gedhe Nusanatara dari Tim Kerja Ruang Kendali Inovasi Desa dan Daerah Tertinggal, Kementerian Desa PDTT melpaorkan bahwa keindahan alam di Indonesia seperti tak ada habisnya, terlebih ditunjang oleh kreativitas masyarakatnya.

Seperti halnya Dusun Barutungnge, Desa Lalabata, secara swadaya melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) membangun aliran Sungai Barutungnge dengan air terjun mininya menjadi objek wisata yang sangat Instagramable. Desa Lalabata terletak di Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

Masyarakat memutar menyadari bahwa aliran sungai di desanya memiliki fungsi ganda, yaitu sebagai saluran irigasi alami dan destinasi wisata. Krena itu, selain menikmati keindahan alam berupa air terjun serta aliran sungai yang diapit persawahan, para pengunjung juga bisa berenang di bagian sungai yang airnya dibendung. Airnya dijamin dingin, segar, dan bersih karena masyarakat menjaga alam dan lingkungan dengan baik.

Di atas aliran sungai, dibangun jembatan dari kayu yang cocok untuk berfoto. Selain itu nantinya akan dibuat beberapa spot instagramable lagi do sekitar sungai. Pemandangan di lokasi air terjun Barutungnge juga sangat cantik. Pengunjung tak perlu jalan kaki terlalu jauh untuk sampai ke lokasi wisata. Selama proses perintisan, Pemerintah desa belum menerapkan tiket masuk bag wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata ini. Mereka hanya meminta pengunjung untuk menjaga kebersihan di area objek wisata tersebut. Ayo bantu sebar dan kunjungi inovasi wisata dari Desa Lalabata!

 

Haryono SuyonoComment