Galery Coffee BUMDes Tomirandanan Desa Kaleok

galery.png

Gedhe Nusantara dari Tim Kerja Inovasi Desa dan Daerah Tertinggal, Kementerian Desa PDTT melaporkan bahwa Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tomirandanan kini hadir di pusat Kota Polewali dengan membuka warung kopi (warkop) Galery Coffee Kaleok untuk mempromosikan produksi Desa Kaelok. Pengembangan usaha BUMDes ini menjadi salah satu program strategis Pemerintah Desa Kaleok untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat desa.

Desa Kaelok terletak di Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Sejak berlakunya Undang-Undang (UU) Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, BUMDes menjadi lembaga ekonomi desa yang berfungsi sebagai lembaga sosial dan komersial paling efektif.

Pada 15 April 2017, Pemerintah Desa Kaleok mendirikan BUMDes Tomirandanan sebagai Badan Usaha Milik Desa Kaleok yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan asli desa (PADes) dengan mengembangkan potensi kekayaan alam di desa. Para pengelola BUMDes terus melakukan upaya memperkenalkan kopi khas Kaleok, mulai pada event yang diselenggarakan pemerintah Daerah, hingga Nasional. Hal ini terbukti dengan terpilihnya Kopi Kaleok sebagai produksi unggulan daerah Polewali Mandar, pada event Apkasi Otonomi Expo di Tangerang, 6-8 Juli 2018 lalu. Hal itulah yang menjadi motivasi para pengurus BUMDes Kaleok mendirikan Warung Kopi sebagai sarana untuk mempromosikan dan memasarkan Kopi khas Kaleok. Namanya, Galery Coffee Kaleok (GCK). Pemerintah Desa Kaleok melounchingnya pada 17 November 2018. Di Galery Coffee, para pengunjung dapat menikmati sajian kopi berkualitas dari hasil pertanian warga Desa Kaleok.

Aneka menu lainnya juga tersedia di Galery Coffee Kaleok, diantaranya, Kopi Kaleok, Kopi Susu, Tubruk, Vietnam P, Espresso, Cappucino dan masih banyak lagi. Jika anda tak suka menyeduh kopi, tak perlu khawatir, Warkop Kaleok juga menyediakan Menu tanpa Kopi seperti Milo, Green Tea, Lemon Tea, Taro, Coklat, Thai Tea dengan harga yang bersahabat.

Galery Coffe Kaleok ini kerap dikunjungi berbagai penikmat kopi di Polewali Mandar yang penasaran dengan aroma kopi Kaleok. Lokasi Galery Caffee Kaleok cukup strategis di Pusat Kota Polewai, tepatnya di Jalan Mr. Muh. Yamin No. 181 Kelurahan Madatte, Kota Polewali. Galery coffee Kaleok juga menyediakan kopi kemasan yang bisa dibawa pulang seperti Arabica Bubuk, Arabica biji Roaster, Rebusta Bubuk, dan Rebusta Biji Roaster. Selain itu, Galery Caffee Kaleok juga difungsikan sebagai sebagai tempat bertukar gagasan dan mendorong generasi muda dari desa manapun untuk berwirausaha.

Haryono SuyonoComment