Siswa SLB B Dharma Asih Depok Peduli Keselamatan Bangsa

slb.jpg

(gemari.id) Depok - Adanya wabah Corona atau Covid 19 yang mulai merebak pada Maret 2020 lalu ini telah memaksa seluruh masyarakat untuk mengurangi aktivitasnya atau bahkan merubah cara kerja mereka. Muncullah kemudian istilah WFH (Work from Home). Perubahan juga tidak terkecuali menimpa dunia pendidikan, di mana seluruh kegiatan proses belajar mengajar yang semula dilaksanakan di dalam kelas, mau tidak mau harus dilakukan di rumah demi menerapkan social distancing. Learning from home itupun dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab oleh seluruh warga sekolah.

Tidak terkecuali di SLB B Dharma Asih, Depok, Jawa Barat ikut menerapkan pembelajaran secara daring. Salah satu mata pelajaran yang dilakukan secara daring adalah seni budaya (perlu disesuaikan dengan mata pelajaran sebenarnya). Tugas pun diberikan kepada siswa berbentuk praktek membuat lukisan. Siswa kemudian melaksanakan tugas dan mengirimkan hasil karyanya. "Tugas ini berupa pengetahuan anak didik yang dituangkan dalam bentuk lukisan dengan tujuan menyebarluaskan informasi terkait pandemi Covid-19. Seperti gejala, pencegahan, serta ilustrasi berbagai pihak yang turut andil dalam pencegahannya," ungkap Tri Winarni, Guru Seni Budaya SLB B Dharma Asih, Depok saat diminta konfirmasi terkait tugas membuat lukisan untuk siswa berkebutuhan khusus.

Salah satu siswa bernama Abdul Malik dari kelas XI menampilkan karya bertema Covid-19. Karya lukisan tersebut tidak saja mengundang kekaguman, namun sekaligus memberi kesan bahwa meski berkebutuhan khusus, siswa SLB juga memiliki kepedulian terhadap keselamatan bangsa. "Abdul Malik memang memiliki kegemaran melukis, ia mampu merealisasikan imajinasi dan berita di TV menjadi lukisan yang indah. " papar Euis Rohatini Kepala Sekolah SLB B Dharma Asih, Depok penuh kekaguman saat melihat hasil lukisan ini pada Jum'at, 1 Mei 2020. (tfk)/RW/ADS

Ade SudrajatComment