Kabupaten Bombana meraih Prestasi Nasional dalam membangun Inovasi Desa

Bombana.png

Sungguh luar biasa, Kabupaten Bombana yang terletak di Provinasi Sulawesi Tenggara berhasil meraih peringkat 6 Program Inovasi Desa (PID) yang dianjurkan oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT). Kabupaten Bombana berhasil raih peringkat enam dari 74.957 desa di seluruh Indonesia.

 Atas pestasi tersebut, Bupati Bombana Tafdil merasa sangat terhormat dan menyambut baik prestasi yang diraih kabupatennya terhadap hasil positif dari berbagai inovasi desa yang berhasil di raih oleh Kabupatennya.  Beliau menyatakan bahwa peringakat yang trhormat tersebut adalah berkat kerja sama dan kerja keras tim Dinas PMD Kabupaten Bombana bersama tim inovasi desa yang terdiri dari para camat, kepala desa dan pendamping desa.

Program Bursa Inovasi Desa yang digulirkan pemerintah pusat lewat Kementerian Desa PDTT menjadikan daerah Kabupaten Bombana sukses raih peringkat enam besar se-Indonesia dan mendapat perhatian khusus dari Perwakilan Bank Dunia.

Perwakilan Bank Dunia Bambang Sukono mengatakan, bahwa Bank Dunia memberikan bantuan dan perhatian yang tinggi terhadap komitmen Kementerian Desa PDTT dengan program inovasi desa guna merangsang kemajuan desa-desa di Indonesia dan mendukung pelaksaan Undang Undang Desa dalam penggunaan dana desa.

Program Inovasi Desa (PID) di bawah naungan Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD) berlangsung sejak 2017. Program ini untuk memajukan desa-desa di seluruh Indonesia sekaligus agar dana desa yang dikucurkan pemerintah tepat sasaran untuk kemakmuran masyarakat desa. Demikian laporan yang diperoleh dari Kabupeten Bombana.

Haryono SuyonoComment