Mempererat Kerja Sama Antar Perguruan Tinggi Membangun Anak Bangsa

IMG_5658.JPG

Hari Kamis ini Rektor Universitas Trilogi di Jakarta, Prof. Mudrajad Kuncoro, PhD didampingi Pembina Prof. Dr. Haryono Suyono, Wakil Rektor serta para Dekan beberapa Program Studi telah mengadakan pertemuan silaturahmi bersama Rektor Universitas UPN di Jakarta, Dr. Erna Hernawati, AK, CPMA, CA yang didampingi juga oleh para Wakil Rektor dan Dekan berbagai Program Studi yang ada pada Perguruan Tinggi yang kini menjadi Universitas Negeri di Kampus UPN di Pondok Labu yang megah.

IMG_5646.JPG

Dalam pertemuan silaturahmi yang akrab itu Rektor Universtas Trilogi Prof. Mudradjad secara panjang lebar menjelaskan keberadaan dan perkembangan Universitas Trilogi serta Program Studi yang di kembangkan sampai saat ini. Secara khusus diceritakan bahwa Universitas ini berasal dari Sekolah Tinggi Ekonomi dan Perbankan yang sangat maju, diperluas menjadi Perguruan Tinggi dengan maksud ikut serta membangun Anak Bangsa sebagai sarjana menguasai Teknopreneur, Kolaborasi dan Pengembangan Masyarakat Mandiri. Rektor Trilogi juga menyatakan bahwa kunjungan rombongan dari Trilogi dimaksudkan untuk menjalin kerja sama yang lebih erat dalam membangun anak bangsa untuk bersama-sama membangun Negara tercinta Indonesia.

IMG_5634.JPG

Selanjutnya Prof. Dr. Haryono Suyono yang secara kebetulan di samping Pembina Universitas Trilogi juga Pembina Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan RIA Pemangunan di Cibubur dan Ketua Tim Pakar Menteri Desa PDTT, menjelaskan bahwa dewasa ini makin banyak Perguruan Tinggi yang bergabung menjadi mitra dari Kementerian Desa PDTT, termasuk UPN di Surabaya. Karena Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadien Makarim telah memberikan kesempatan kepada setiap Perguruan Tinggi kesempatan untuk Kuliah Merdeka dan Universitas Merdeka dengan kesempatan sampai tiga semester, termasuk di Desa, kiranya UPN di Jakarta bisa juga ikut dalam gerakan tersebut. Dalam hubungan dengan STIKES di Cibubur, diharapkan bisa juga di galang kerja sama dalam pengembangan Program Studi Kesehatan Masyarakat sehingga kemajuan yang dicapai oleh UPN bisa ditularkan. Memperkuat penjelasan Rektor Trilogi, untuk kerja sama dengan Universitas Trilogi Haryono mengharapkan agar kelebihan jumlah pelamar yang melimpah pada UPN karena di kembangkan menjadi Universitas Negeri bisa dibagi kepada Universitas Trilogi dalam kerja sama yang makin akrab.

IMG_5621.JPG

Selanjutnya Rektor UPN Dr. Erna Hernawati, AK, CPMA, CA dengan gamblang memberikan penjelasan tentang perkembangan UPN dari Universitas swasta menjadi Universitas Negeri serta berbagai Program Studi yang sangat maju. Rektor memberi penjelasan bahwa di samping kuliah di Kampus, UPN juga telah menyelenggarakan kegiatan di desa dengan membentuk Desa-desa binaan yang mendapat masukan dari berbagai program studi secara teroganisir, kontinue dan terpadu sehingga Desa binaan tersebut bisa menjadi Laboratorium atau Sekolah bagi Punggawa Desa untuk belajar bagaimana membangun desa secara sistematis.

IMG_5665.JPG

Tentang penerimaan mahasiswa Rektor dan kemudian juga dijelaskan lebih reinci oleh Wakil Rektor, bahwa proses itu berjalan secara bertahap, mulai dari Ujian UMPTN yang berlaku untuk seluruh Perguruan Tinggi, disambung dengan penerimaan mahasiswa secara bebas dengan Ujian masuk yang diselenggarakan oleh UPN sendiri. Disampaikan bahwa benar dewasa ini jumlah pendaftar untuk UPN sangat melimpah bukan hanya karena menjadi Universitas Negeri, tetapi karena fasilitas belajar dan mutu yang diberikan oleh UPN bertambah sempurna serta memudahkan dan memuaskan para mahasiswa yang menempuh pendidikan di UPN.

IMG_5659.JPG

Setelah diskusi panjang lebar secara akrab, akhirnya Rektor UPN memberikan kesempatan kepada Rektor Trilogi agar pada saat penerimaan mahasiswa ikut memanfaatkan kesempatan mengadakan pameran atau pendekatan kepada calon mahasiswa yang tidak diterima untuk ditampung dan diterima sebagai mahasiswa Trilogi. Secara tehnis para Wakil Rektor dan para Dekan diberi kesempatan untuk mengatur sesama pejabat yang bersangkutan.

IMG_5650.JPG

Pertemuan yang akrab itu diakhiri dengan makan siang bersama dan berfoto ria dengan latar belakang Papan Besar yang berisi keterangan tentang visi, misi dan cita-cita yang sangat luhur dari  UPN sebagai Universitas Perjuangan. Semoga Pertemuan yang akrab tersebut berlanjut sebagai upaya bersama membangun anak bangsa sebagai kekuatan daya dukung SDM untuk pembangunan nasional secara besar-besaran berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Semoga.

Haryono SuyonoComment