Yayasan Dharmais Sediakan Fasilitas Operasi

katarag.png

Dalam rangka Peringatan Ulang Tahun Kemerdekaan ke 75 tahun sekarang ini, sekaligus memperingati perjuangan rakyat yang dipimpin oleh Sri Sultan Hamengku Buono ke IX dan Pak Harto dalam merebut kembali Ibu Kota RI di Yogyakarta pada tahun 1949, 71 tahun yang lalu, Yayasan Dharmais yang didirikan oleh Pak Harto dan dewasa ini dipimpin oleh Pak Indra Kartasasmita, dalam bincang-bincang di TVRI Yogyakarta, dalam Acara Plengkung Gading yang dipandu oleh Prof. Dr. Haryono Suyono, mbak Tiwi dan Mas Dibyo, menyatakan bahwa para penderita sumbing bibir dan katarak tidak perlu harus sembunyi karena malu. Kepada Kelompok Posdaya atau PKK bisa melakukan pendaftaran dan kalau di desa atau di tingkat Kecamatan ada sekitar 50 orang bisa mengirim surat kepada Yayasan Dharmais dengan alamat Gedung Granadi Jakarta untuk nanti, sesuai giliran bisa, dikirim dokter untuk melakukan operasi di klinik atau Puskesmas terdekat. Kalau jumlahnya kurang dari 50 orang bisa dipertimbangkan di lakukan operasi di RS terdekat oleh para dokter ahli yang akan dikirim atas biaya dari Yayasan Dharmais yang disedikan oleh Almarhum Pak Harto.

Kegiatan operasi itu tidak mengenal waktu, jadi kalau ada sejumlah 50 orang atau lebih segera dapat dikirim surat kepada Yayasan Dharmais untuk diatur dengan dokter ahli mata atau ahli operasi untuk memperbaiki posisi sumbing bibir yang di dederita oleh penduduk setempat. Dalam acara Plengkung Gading di Yogyakarta. Akhir bulan Februari ini ada seorang yang relatif sudah sepuh dan telah menderita katarag di kedua mata beliau, dengan operasi ternyata salah satu mata beliau dapat melihat kembali dan menjadi sangat bahagia karena tidak menyangka bahwa dalam usia tua ini bisa melihat kembali anak cucunya sudah makin besar dan bisa menikmati penglihatan yang sempurna biarpun hanya dengan satu mata yang bisa melihat dengan terang.

Dharmais.jpg.png

Pak Indra yang menyaksikan seorang tua yang bisa melihat kembali itu sungguh ikut bahagia dan kedua orang itu mendoakan Pak Harto yang sebelum wafat telah mendirikan Yayasan Dharmais untuk menolong para penderita katarag dan sumbing bibir dengan operasi sederhana yang biayanya telah disediakan atas kebaikan almarhum dengan mendirikan Yayasan Dharmais yang manfaatnya menjangkau jauh ke depan melebihi keberadaan almarhum yang telah dipanggil oleh Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa. Keduanya mendoakan agar arwah almarhum di berikan tempat yang sebaik-baiknya di sisiNya. Aamiin.

Haryono SuyonoComment