HSC Melatih Kelompok Urban Farming

IMG_5012.JPG

Selama dua hari berturut-turut pelatih andalan dari Haryono Suyono Center (HSC) di Jalan Pengadegan Jakarta yang terdiri dari Drs. Fajar Wiryono, Drs Rudy Lubis, Drs Suleman dan Anto telah melatih sekitar 100 orang anggota petani muda iellenial yang tergabung dalam IKAMAJA, Ikatan Alumni Magang Jepang, yang pernah minimal selama enam bulan mengikuti pelatihan magang pertanian di Jepang.

Peserta Program Magang Jepang ini sebelumnya diseleksi dan dipersiapkan di Indonesia dengan mengacu kepada persyaratan-persyaratan yang telah ditentukan oleh Pihak Asosiasi Petani Jepang antara lain berusia 21 sampai 26 tahun, berpengalaman usaha tani minimal 2 tahun, sehat jasmani dan rohani serta menguasai bahasa Jepang sederhana.

Yang mengikuti pelatihan Di HSC selama dua hari dari tanggal 24 sampai tanggal 25 Februari 2020 adalah anggota IKAMAJA dari Provinsi DKI  Jakarta, Banten, Jabar dan Jateng. Para petani muda Millenial tersebut mengikuti pelatihan Urban Farming khususnya dengan sistem Organik dan Micro Greens dengan sangat tekun. Pelatihan yang diselenggarakan di HSC itu tidak saja dalam teori, tetapi para peserta di ajak meninjau pada atap gedung pelatihan Kebun Tanaman Micro Green yang tumbuh subur sehingga para peserta pelatihan dapat meniru atau meng copy keadaan nyata di kota-kota tempat asal mereka.

IMG_5027.JPG

Selama dua hari mengikuti pelatihan para peserta di yakinkan bahwa kalau ada kemauan dari anggota masyarakat tempat mereka nanti bertani, hampir pasti kegiatan itu dapat di laksanakan dengan baik karena sistem pertanian ini hampir bisa diulang oleh siapa saja yang aslinya bukan petani.

IMG_5052.JPG

Pelatihan yang diadakan selama dua hari itu secara kebetulan ditinjau oleh Sekko Jalarta Selatan Munjirin SSos, MSi yang merasa sangat puas karena generasi muda di DKI Jakarta tidak saja mengikuti pelatihan di Jepang, tetapi dapat juga menambah ilmu pertanian di daerah Perkotaan dari HSC yang selama bertahun-tahun ini memiliki pengalaman membina penduduk Jakarta dalam pertanian di lahan sempit di daerah perkotaan.

Bahkan tidak jarang mereka mengadakan pameran di Mall-Mall yang tersebat di berbagai wilayah di DKI Jakarta dengan tanaman Micro Green yang siap santap untuk makan keluarga dengan sajian salat khusus yang di ramu dan segar karena di tanam sendiri oleh anggota keluarga.

IMG_5048.JPG




Haryono SuyonoComment