Cloning Kegiatan Pengabdian Masyarakat Perguruan Tinggi

MenteriD1.png

Satu hari setelah bertemu selama dua jam lebih dengan Ketua Tim Pakar Menteri Desa PDTT Prof. Dr. Haryono Suyono di Kampus Dramaga IPB di Bogor, Rektor IPB Dr. Arif Satria mengadakan silaturahmi kepada Menteri Desa PDTT, Drs. Abdul Halim Iskandar MPd di Kantornya di Jakarta. Pertemuan yang akrab itu mengupas secara panjang lebar kegiatan Kementrian Desa PDTT yang bertanggung jawab terhadap upaya membangun desa dan kegiatan transmigrasi secara nasional. Dijelaskan adanya dana desa yang perlu digunakan secara efisien guna mendorong pembangunan desa dan masyarakat desa agar makin mandiri dan produktif sehingga disamping bisa menunjuang keberhasilan pembangunan secara nasional bisa mendorong makin sejahteranya masyarakat dan memelihara kelestarian sumber daya alam dan kekayaan desa untuk generasi masa depan.

Dalam pertemuan itu Menteri Desa PDTT menjelaskan secara panjang lebar program dan kegiatan Pembangunan Desa dan Masyarakat Desa serta Transmigrasi yang ditangani oleh Kementerian Desa PDTT, utamanya dengan aliran dana desa yang melimpah dewasa ini. Sebaliknya Rektor Dr. Arif Satria menjelaskan kegiatan Perguruan Tinggi yang dipimpinnya serta kegiatan lapangan termasuk kegiatan Kuliah Kerja Nyata dan sumbangan ITB dalam pembangunan desa, utamanya bidang pertanian, peternakan dan usaha industri kecil di desa. Banyak Dosen dan Mahasiswa yang mengadakan penelitian dan menemukan teknologi tepat guna yang telah disumbangkan kepada masyarakat desa guna meningkatkan modernisasi pertanian dan peternakan serta lebih dari itu mempermudah para petani dan peternak mengarahkan usahanya  sebagai bagian dari industri modern dalam era 4.0 dewasa ini.

Penemuan teknologi modern bagi IPB tidak disimpan dalam laboratorium tetapi langsung di sumbangkan dan digunakan di lapangan sampai jauh dari Kampus misalnya di wilayah Sumbawa yang diterapkan di sawah yang menghasilkan produk jauh lebih tinggi sebagai bagian dari pertanian modern. Salah sorang tenaga senior Prof Dr Ir M Faiz Syuaib, MAgr.IPU dan rekan-rekannya telah menemukan alat yang sekarang telah dibuat sendiri dan dipergunakan di sawah-sawah penduduk yang bisa mengetahui secara cermat mutu tanah dan tanaman yang cocok agar bisa menghasilkan panen yang melebihi kebiasaan tanah itu di masa lalu. Penggunaan alat temuan modern itu telah di gunakan oleh rakyat banyak di desa.

MenteriD2.png

Dari cerita Rektor Dr. Arif Satria kepada Prof Dr. Haryono Suyono setelah pertemuan itu, Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar bermaksud melakukan cloning terhadap inovasi yang telah dikembangkan dan terbukti membawa manfaat besar setelah digunakan masyarakat luas di desa. Gagasan cloning itu adalah sejalan dengan gagasan dan kesepakatan antara Menteri Desa PDTT dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim yang menganjurkan agar Dosen dan Mahasiswa mengadakan Kuliah Merdeka di Kampus Merdeka di desa-desa selama dua tiga semester sehingga hasil kerjanya bisa di bagi dan digunakan langsung oleh para petani desa untuk memajukan desa dan masyarakat desa serta sekaligus mengentaskan kemiskinan yang masih menghantui masyarakat desa. Semoga.


Haryono SuyonoComment