.Bumdes Panggung Lestari di Yogyakarta

IMG_2672.JPG

Beberapa hari lalu kami berbincang dengan Bupati Bantul, DI Yogyakarta, Drs. Suharsono,  membahas banyaknya desa-desa di Kabupatennya hari-hari ini seakan berlomba mengembangkan berbagai jenis Bundes. Dugaan kami karena daerah ini sejak Jaman Pak Harto telah marak mengembangkan berbagai program PKK dan Posdaya dengan segala jenis kegiatannya. PKK dan Posdaya memiliki Kelompok-kelompok yang mengajak dan mendidik anggota  mengembangkan berbagai kegiatan sosial ekonomi. Kegiatan ekonomi PKK dan Posdaya itu dengan mudah berubah dan berkembang menjadi Bumdes. Kemungkinan besar usaha bumdes yang dicontohkan ini berasal dari kegiatan PKK yang mungkin saja dewasa ini berkembang pesat menjadi usaha yang menguntungkan.

jlantah.png

Usaha yang diangkat dan dilakukan oleh Bumdes Pangung Lesatari adalah mengolah jelantah yang banyak tidak terpakai atau terbuang begitu saja. Oleh Bumdes Panggung Lestari jelantah bahan bekas ini diolah secara maksimal dan menghasilkan hasil olehan yang menguntungkan. Terbentuknya Bumdes ini beraal dari akibat persoalan sampah dan keluarga yang membentuk Bumdes ingin agar limbah di Desa Panggungharjo yang kian hari kian meningkat di tambah dengan meningkatnya kesadaran masyarakat desa sehingga harpannnya limbah itu tidak membuang ke sungai agar tidak mencemari kawasan sekitar.

            Semenjak Kelompok masyaarakat mulai memikirkan masalah ini sekitar tahun 2014 yang kemudian berkembang menjadi Bumdes, masalah limbah ini makin bisa teratasi walaupun sedikit-sedikit masih ada tetapi tidak sebanyak dahulu. Selain mengolah limbah minyak jelantah, ternyata masih ada unit usaha lainnya dari kelompok ini yaitu Argo Energi, Swalayan Desa (Minimarket Desa ) dan Edu Tourism ( Restoran-Kampung Wisata ).

Pada tahun 2016 Bumdes ini mampu mengantongi keuntungan kotor sampai 1,5 Miliar dan menghasilkan limbah minyak sekitar 3.000 liter/bulan dari warganya. Bagi yang berminat silahkan hubungi Kepala Desa Panggungharjo Wahyudi Anggoro Hadi 081328004697 atau Ketua Bumdes Eko Pambudi 087839587889 dengan alamat Jln. Kyai Maksum, Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Bantul, DI Yogyakarta.

Haryono SuyonoComment