Workshop Pengenalan Dunia Kerja Beri Ilmu dan Inspirasi Berharga

Kepala Seksi Pelatihan dan Konsultasi Produktivitas Drs Juli Suhartono, MM didampingi Kepala Seksi Informasi Kerja Richi Agung Ervanto, SPt, (kedua dari kiri) Direktur CV Alwi Synergy Consultant Drs Muhammad Alwi, MM, dan HRD PT AHM Bambang Indarto …

Kepala Seksi Pelatihan dan Konsultasi Produktivitas Drs Juli Suhartono, MM didampingi Kepala Seksi Informasi Kerja Richi Agung Ervanto, SPt, (kedua dari kiri) Direktur CV Alwi Synergy Consultant Drs Muhammad Alwi, MM, dan HRD PT AHM Bambang Indarto (kiri) saat memberikan sertifikat pelatihan kepada Achmad Fajar Septiawan siswa SMK Al Muslim Bekasi, Kelas XII jurusan TKJ usai menutup secara resmi kegiatan workshop.

(gemari.id) Bekasi - Workshop Pengenalan Dunia Kerja Angkatan III bagi Calon Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Kabupaten Bekasi berjalan sukses. Acara Yang diselenggarakan Dinas Tenga Kerja Kabupaten Bekasi ini menuai tanggapan positif dari seluruh peserta. Sebanyak 48 siswa dan 12 guru pendamping dari 13 SMK di Kabupaten Bekasi mengungkapkan rasa bangga, haru dan beruntung bisa mengikuti kegiatan itu. Tak pelak, jajaran Disnaker Kabupaten Bekasi pun menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta dan narasumber atas berhasilnya acara yang berlangsung tiga hari sejak 2 hingga 4 September 2019 ini.

 

Kepala Seksi Pelatihan dan Konsultasi Produktivitas Drs Juli Suhartono, MM mengungkapkan rasa bangga dan salut kepada seluruh peserta yang selama tiga hari tetap antusias dan tidak kendor semangatnya mengikuti kegiatan itu.“Saya salut dengan kalian, sudah tiga hari ini mengikuti workshop tetapi semangatnya masih okey. Apalagi saya lihat dengan seluruh narasumber dan pengajarnya okey punya,” tutur Juli Suhartono saat menutup acara ini pada Rabu sore 4 September 2019 di Factory Room II Grand Cikarang Hotel, Jl Jababeka Raya, Cikarang Industrial Estate I, Bekasi, Jabar.

“Kalian termasuk yang beruntung, karena terpilih oleh sekolah masing-masing untuk mengikuti kegiatan ini. Kalau tidak bisa memanfaatkan waktu yang diberikan itu, tentu sangat disayangkan. Saya harapkan, apa yang sudah disampaikan oleh para narasumber menjadi bekal kalian untuk kedepannya,” ungkapnya seraya menyampaikan ucapan salam dan selamat dari Kepala Disnaker Kabupaten Bekasi yang berhalangan hadir karena ada tugas ke luar kota.

Di hadapan puluhan peserta, dirinya meminta ilmu yang didapatkan bisa ditularkan kepada yang lain. “Saya juga minta tolong, sebarkankembali ilmu yang didapat di sini kepada teman-teman kalian di sekolah. Jangan buat sendiri. Karena ilmu yang bermanfaat itu kita bagikan kepada yang lain biar bisa bermanfaat juga. Karena itu akan menjadi amal yang akan terus mengalir bagi kita. Jadi ilmu yang sudah didapat ini jangan dipegang sendiri,” tegas Juli Suhartono di hadapan seluruh peserta dan sejumlah Staf Disnaker Kabupaten Bekasi seraya mengajak seluruh hadirin memberi apluas atas kesuksesan kegiatan itu.

”Kalian siap nggak?” Tanya Juli kepada seluruh peserta.

“Siappp…,” jawab seluruh peserta dengan penuh semangat dan kompak.

“Ingat, jawaban kalian, kesiapan kalian akan membagikan ilmu yang didapat di sini disaksikan para malaikat dan tentu Alloh SWT. Jadi kalian harus laksanakan, jangan punya ilmu hanya dipegang sendiri. Jangan beranggapan bila ilmu itu dibagikan kepada yang lain, nanti dia yang dapat kerja guaenggak. Jangan seperti itu, karena rezeki itu sudah ada yang mengatur,” ujar kata Juli Suhartono seraya berdoa semoga semua harapan dancita-cita peserta bisa tercapai dan kegiatan itu bukan saja bisa menambah silaturahim juga menjadi bekal ilmu yang berguna di kemudian hari.

Tampak hadir dalam acara penutupan ini Kepala Seksi Informasi Kerja Richi Agung Ervanto, SPt, Direktur CV Alwi Synergy Consultant Drs Muhammad Alwi, MM, HRD PT AHM Bambang Indarto, Staf Disnaker  Kabupaten Bekasi Gustanti Listyani, SKM, Lilis Suryani, SAp, Sulaeman Sidik, Rian Mahesa, puluhan siswa SMK dan para guru pendamping dari 11 SMK di Kabupaten Bekasi.

 

Para peserta workshop bergambar bersama jajaran Disnaker Kabupaten Bekasi dan para narasumber usai berakhirnya pelksanaan kegiatan workshop.

Para peserta workshop bergambar bersama jajaran Disnaker Kabupaten Bekasi dan para narasumber usai berakhirnya pelksanaan kegiatan workshop.

Direktur CV Alwi Synergy Consultant Drs Muhammad Alwi, MM, saat memberikan sertifikat workshop kepada salah satu peserta usai berakhirnya acara.

Direktur CV Alwi Synergy Consultant Drs Muhammad Alwi, MM, saat memberikan sertifikat workshop kepada salah satu peserta usai berakhirnya acara.

Harapan Kepala Seksi Pelatihan dan Konsultasi Produktivitas Drs Juli Suhartono, MM, diaminkan Direktur CV Alwi Synergy Consultant Drs Muhammad Alwi, MM. Selaku pemberi materi dirinya pun meminta ilmu yang didapapkan dari narasumber jangan hanya ditulis dan diingat, tetapi yang paling penting adalah dilaksanakan dan diwujudkan. “Jadi, apa yang didapakan dari kegiatan ini laksanakan dengan focus dan komitmen kapanpun dan di manapun,” pintanya.

Ilmu yang sangat dibutuhkan sekolah

Peserta wokshop pun merespon positif dengan penuh optimis menyanggupi permintaan jajaran Disnaker Pemkab Bekasi dan para narasumber. Bahkan sejumlah peserta meminta kegiatan itu bisa terus dilaksankan dan menjadi agenda rutin.

Salah satunya dari Haris Munbarzan Guru SMK Negeri I Cikarang Barat, yang mengungkapkan rasa bersyukur dan berterima kasih bisa mengikuti kegiatan workshop ini. “Workshop pengenalan memasuki duni kerja ini sangat bagus sekali, hal inilah yang sangat kami dicari sekolah. Karena kalau kita harus dengan sengaja mengundang Kepala Dinas, kemudia para HRD dari perusahaan-perusahaan ternama ke sekolah, tentu ini akan menghabiskan biaya yang luar biasa,” ungkap Haris seraya menyampaikan terima kasihkepada jajaran Disnaker Kabupaten Bekasi yang telah memfasilitasi kegiatan workshop ini.

Materi yang disampaikannya pun, lanjut Haris, ternyata sejalan dengan yang saat ini lagi digaungkan Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat member sambutan di acara kerja sama PT AHM dengan Pemprov Jabar di Bandung, yang mengungkapkan keprihatinannya terhadap kondisi di Kabupaten Bekasi, karena dengan jumlah perusahaan yang begitu banyak namun disayangkan justru jumlah pengangguran di wilyah ini paling tinggi di Jawa Barat. “Nah, dengan materi-materi yang disampaikan para narasumber, alhamdulillah telah menjawab kegelisahannya para pemimpin di Jawa Barat ini,” ujarnya bersyukur.

Hal senada juga disampaikan Flora, Guru SMK Negeri 2 Cikarang Barat, kegiatan workshop ini telah memberi pelajaran berharga bukan saja bagi siswa SMK namun juga para gurunya. “Dengan materi yang disampaikan para narasumber, kini para siswa telah mengetahui persiapan apa saja yang harus disiapkan untuk memasuki dunia kerja. Seperti perlunya sikap atau soft skil, karena menjadi karyawan itu tidak terlalu diutamakan yang pintar namun bagaimana memiliki sikap yang terbaik,” ujar flora seraya menambahkan dirinya selaku guru pun kini terbuka wawasan untuk menerapkan di sekolahnya langkah-langkah agar bisa sejalan dengan yang dibutuhkan dunia kerja.

Rahman, Guru SMKIT Fitrah Hanniah (kiri), Haris Munbarzan, guru SMK Negeri 1 Cikarang Barat (kedua dari kiri) serta guru pendamping lainnya dari SMK di Kabupaten Bekasi tampak antusias mengikuti berlangsungnya acara workshop.

Rahman, Guru SMKIT Fitrah Hanniah (kiri), Haris Munbarzan, guru SMK Negeri 1 Cikarang Barat (kedua dari kiri) serta guru pendamping lainnya dari SMK di Kabupaten Bekasi tampak antusias mengikuti berlangsungnya acara workshop.

Paparan Haris dan Flora pun diaminkan guru pendamping lainnya yaitu Rahman dari SMKIT Fitrah Haniah, Muhammad Ihsan dari SMK Darul Amal dan Khoirul Anwar dari SMKIT Nurul Qolbi.

Kesan positif pun disampaikan sejumlah peserta dari kalangan siswa SMK. Di antaranya Achmad Fajar Septiawan siswa SMK Al Muslim Bekasi, Kelas XII jurusan TKJ. “Alhamdulillah, saya sangat bersyukur bisa mengikuti kegiatan workshop ini, karena banyak ilmu yang saya dapatkan dari kegiatan ini, terutama bagaimana caranya mempersiapkan diri agar bisa sukses memasuki dunia kerja, baik syarat-syarat yang berkaitan dengan soft skill, hard skill, maupun info terbaru yang dibutuhkan dunia indsutri ,” tutur Achmad Fajar Septiawan salah satu peserta asal SMK Al Muslim Bekasi, Kelas XII jurusan TKJ sumringah.

Achmad Fajar Septiawan (kanan) siswa SMK Al Muslim Bekasi, Kelas XII jurusan TKJ dan Angelina Muharam Mayani (kiri) siswi SMK Al Muslim Bekasi Kelas XII jurusan Akuntansi bergambar bersama Direktur CV Alwi Synergy Consultant Drs Muhammad Alwi, MM

Achmad Fajar Septiawan (kanan) siswa SMK Al Muslim Bekasi, Kelas XII jurusan TKJ dan Angelina Muharam Mayani (kiri) siswi SMK Al Muslim Bekasi Kelas XII jurusan Akuntansi bergambar bersama Direktur CV Alwi Synergy Consultant Drs Muhammad Alwi, MM

Dirinya pun mengucapkan terima kasih kepada jajaran Disnaker Kabuapten Bekasi yang telah member kesempatan mengikuti kegiatan ini. Begitu juga kepada seluruh narasumber yang telah mentransfer ilmunya, sehingga banyak pengetahuan yang berharga bisa didapatkannya. “Alhamdulillah, sangat bermanfaat sekali,” tegasnya bangga dan bersyukur.

Hal senada juga disampaikan Angelina Muharam Mayani peserta dari SMK Al Muslim Bekasi Kelas XII jurusan Akuntansi. “Menarik banget ya, karena banyak ilmu dan pengalaman dari para narasumber yang sangat menginspirasi saya. Terutama paparan dan pengalaman dari Pak Alwi yang sejak kecil mampu meraih prestasi luar biasa. Walaupun dengan biaya sendiri bisa sukses menyelesaikan sekolahnya, gak tanggung-tanggung dua jenjang pendidikan STM dan SMA bisa diselesaikan dengan prestasi yang membanggakan. Luar biasa,” ungkap Anggel kagum.

Selain itu, lanjut Angel, dirinya pun sangat senang dan bersyukur, karena bisa bertemua dengan teman-teman dari SMK lain di Kabupaten Bekasi yang sama-sama memiliki motivasi tinggi bisa sukses memasuki dunia kerja. Selamat ! ADS

Ade SudrajatComment