Desa Menghidupkan Kembali Usaha Ekonomi Desa yang Tidak Lancar

Sebelum ada gerakan di desa membentuk Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), banyak desa telah membentuk kelompok ekonomi di desa seperti dibentuk oleh PKK sebagai kelompok UPPK atau organisasi kelompok masyarakat di desa dalam bentuk Posdaya. Di Desa Ganeas, Kecamatan Ganeas, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat yang berpenduduk sekitar 4,986 jiwa pada tahun 2008 telah dibentuk semacam Bumdes dengan Unit Usaha Penggemukan sapi. Tetapi usaha itu terpaksa dihentikan, salah satu alasan karena usaha penggemukan sapi dari yang di urus oleh BUMDes mengalami kerugian sejak awal beroperasi karena jumlah sapi yang dikelola selalu menyusut dari 13 ekor (senilai Rp 117 juta) menjadi 8 ekor (senilai Rp 64 juta). pada tahun 2013 Unit Usaha itu terpaksa dihentikan.

Ganeas.png

Pada tahun 2016 penduduk desa, dalam semangat pengembangan Bumdes karena adanya aliran dana desa langsung ke desa, penduduk sepakat mengembangkan kembali dua Unit Bumdes di desa dengan kegiatan Pengolahan sampah dan Simpan Pinjam. BUMDes yang dibentuk itu dinamakan Bumdes Ganeas Sejahtera di yang didukung oleh Pemerintah Desa Ganeas yang beroperasi layanan simpan pinjam dengan jumlah anggota yang terus berkembang. 

            Setelah para Punggawa dan masyarakat desa sepakat menghidupkan kembali BUMDes, maka dilakukan perbaikan kepengurusan dan tata kelola badan usaha, tetapi kegiatannya diubah, tidak lagi dengan usaha penggemukan sapi, melainkan mulai dengan membuka kegiatan simpan pinjam bagi penduduk yang ingin membuka usaha.

            Upaya menghidupkan kembali Bumdes itu dmulai bulan Juni tahun 2017 dengan yang dimulai dengan unit usaha simpan pinjam yang dewasa ini memiliki 52 anggota. Penyaluran pinjaman kepada 38 anggota sebesar Rp 39,9 juta dan total aset naik 65 persen dari Rp 29 juta menjadi Rp 48 juta. Disamping simpan pinjam Unit Bumdes juga menyelenggarakan kegiatan mengolah sampah yang ternyata memberikan kegiatan yang menarik untuk penduduk desa setempat. Apabila ada minat untuk meniru kegiatan Desa ini dapat dihubungi  :Kepala Desa Gineas Umas Sudarsana tilpon hp 082116039651 atau Ketua Bumdes Cece Suarsa tilpon hp 081381196756. Semoga segera berkembang pada kegiatan lain yang memberi keuntungan pada anggota yang lebih banyak.

Haryono SuyonoComment