Membuka Jejaring Tambahan Pengajar di PKBM

pkbm.png

Menurut pengamatan Ketua Tim Pakar Menteri Desa PDTT Haryono Suyono, Desa Lauwonu, Gorontalo memiliki Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Harapan Indah yang menjalin hubungan dengan berbagai pihak guna menjaring sumberdaya manusia dalam mendukung kegiatan belajar- mengajar dn mengantar mereka belajar hidup mandiri dan sejahtera.

PKBM yang telah beroperasi sejak tahun 2006 itu didukung oleh staf pengajar atau tutor dengan beragam bidang dari sekolah menengah kejuruan (SMK) hingga perguruan tinggi. Tidak mengherankan PKBM tersebut banyak mencetak lulusan yang siap kerja, diminati sektor usaha atau hidup mandiri karena berhasil memiliki usaha yang dibangun oleh masing-masing lulusan secara mandiri.

            Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat ini terbangun karena minat warga Desa Lauwonu untuk belajar di PKBM yang selalu meningkat, utamanya pada kelompok belajar usaha yang menyediakan berbagai pendidikan keterampilan karena di desa tersebut sumberdaya manusia sumber daya manusia dengan latar belakang pendidikan keterampilan belum memadai. Permintaan untuk pendidikan ini selalu lebih banyak dibanding apa yang bisa dipenuhi karena Anggaran untuk pengadaan tenaga pengajar di PKBM masih terbatas.

Atas dasar latar belakang itu, pemerintah membuka jejaring untuk menghadirkan tambahan pengajar di PKBM agar pengetahuan masyarakat atas keterampilan bertambah. Usaha tersebut membawa hasil positif karena banyak warga desa membuka usaha seperti jasa penjahit, bengkel las bentor, katering, kue, sentra pembuatan meubel dan Kasur dan Usaha jasa jahit baju yang memerlukan tenaga terampil lulusan pelatihan PKBM.

Selain itu banyak warga yang kini bekerja di perusahaan dan membuka usaha sendiri, termasuk adanya 11 kelompok usaha yang telah didirikan oleh alumni PKBM sehingga angka pengangguran relatif menurun. Karena itu apabila Anda berminat untuk meniru gagasan PKBM tersebut bisa menghubungi Kepala Desa Lauwonu Hariyanto Amrain hp nomor 085340916645 atau Pengelola PKBM Rasuna Kasim hp nomor 085240988615. Semoga membawa manfaat.

Haryono SuyonoComment