Membangun Sekolah untuk Memenuhi Kebutuhan Tenaga Terampil

anakSD.png

Menurut pengamatan Ketua Tim Pakar Menteri Desa PDTT Haryono Suyono, Desa Blang Krueng di Kecamatan Baitusalam, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh memiliki penduduk sekitar 2.110 jiwa. Desa dengan penduduk menurut ukuran di Jawa relatif kecil itu dikelola Pemerintah Desa yang berpikiran maju karena telah mengambil prakarsa membangun taman kanak-kanak (TK) dan sekolah dasar (SD) secara swadaya untuk menjamin anak anak desa mendapatkan pendidikan awal dan dasar secara dini.

Lahirnya prakarsa tersebut karena pada tahun 2004 Aceh dilanda bencana tsunami. Desa Blang Krueng termasuk salah satu desa yang terkena dampaknya. Kemudian masyarakat menyadari bahwa untuk membangun kembali perlu dilakukan berbagai terobosan untuk masa depan yang lebih cerah, antara lain direncanakan pendirian sekolah dengan membuat master plan pengembangan pendidikan sekolah dasar hingga perguruan tinggi pada tahun 2006. Untuk memperkuat rencana tersebut, Pemerintah Desa menerbitkan Peraturan Desa tentang wajib belajar sampai sekolah menengah atas (SMA) pada 2013. Untuk mendukung peraturan desa tersebut, Pemerintah Desa berupaya mengajukan proposal kepada Dinas Pendidikan, namun kurang mendapat perhatian yang serius.

Melihat tanggapan yang kurang serius itu, Desa menyediakan sarana pendidikan untuk TK dan SD secara swadaya demi menjaga keberlangsungan kegiatan belajar mengajar bagi usia wajib sekolah. Hasil keputusan itu menggembirakan karena seluruh anak usia TK dan SD di Desa Blang Krueng dapat mengenyam pendidikan formal di sekolah karena di desa tersebut terdapat dua kelas untuk TK dan enam kelas untuk tingkat SD yang secara keseluruhan bisa memenuhi kebutuhan seluruh anak usia sekolah TK dan sekolah dasar di desa itu. Sarana pendidikan untuk TK dan SD itu dinamakan IT HAFIZUL ILMI.

Bagi yang tertarik pada gagasan dan pengalaman Desa ini bisa mengontak Kepala Desa Blang Krueng Teuku Muslem dengan nomor hp 085216168828, atau Sekretais Desa Teuku Baolistsyah nomor hp 085260966843, atau Kepala Sekolah SD IT Hafisul Ilmi Artati No. hp 085267567651. Semoga membawa berkah.

Haryono SuyonoComment