Batu Pelangi Desa Kaleok Wisata Ngetop di Poliwali Mandar

mandar.jpg

Menurut penuturan Gedhe Nusantara yang ditangkap Ketua Tim Pakar Menteri Desa PDTT Haryono Suyono, Desa Kaleok memiliki sejuta pesona alam seperti air terjun, goa, dan pegunungan indah yang merangsang pengunjung berlama-lama tinggal di desa. Meski Desa Kaleok dilabeli sebagai Desa Tertinggal, namun label itu sedikit demi sedikit berkurang berkat kreatifitas masyarakat mengembangkan wisata Batu Pelangi.

  Batu Pelangi merupakan destinasi wisata yang belum banyak diketahui. Wisata ini berlokasi di Dusun Kaleok, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Lokawisata Batu Pelangi ini sangat mudah dijangkau karena berada di pinggir jalan poros Desa Kaleok.

 Wisata ini dibangun pada September 2017, sampai sekarang masih dalam tahap pembenahan. Batu Pelangi dibuat sebagai kreativitas masyarakat dibawah pimpinan Kepala Desa Kaleok, M. Hajir yang dibantu cat dari Komunitas AIMTrac Polewali Mandar. Batu pelangi mampu menjelma sebagai icon wisata Desa Kaleok karena popularitasnya meroket cepat. Angka kunjungan ke Batu Pelangi meningkat tajam, terlebih di akhir pekan atau hari libur.

 Selain Batu pelangi, Desa Kaleok memiliki Sarambu (Air Terjun) Kadinginan. Sarambu adalah istilah untuk air terjun dalam bahasa Pattae. Sarambu Kadinginan berjarak sekitar 13 km dari jalan poros Polewali-Pinrang dengan jalur masuk melalui Desa Amola. Air terjun ini segar dengan kondisi alam yang masih asri dan terjaga. Sarambu Kadinginan masih sedikit didatangi oleh wisatawan, kadang-kadang hanya dikunjungi oleh kelompok pecinta alam, warga sekitar desa, atau pendatang dari luar pencari air terjun.

 Bagi wisatawan yang menyukai tantangan, Desa Kaleok memiliki paket wisata susur Goa Wai Labu yang terletak di tengah hutan di Dusun Tandipura, Desa Kaleok. Kata Wai Labu terdiri dari dua suku kata, yaitu Wai dan Labu. Wai yang berarti air dan labu berarti tenggelam. Wai labu merupakan gua yang di dalamnya ada sungai. Goa ini berukuran kurang lebih 100 meter. Untuk masuk kedalam goa hanya bisa untuk satu orang secara bergantian, suatu pengalaman yang unik dan pasti perlu segera dicoba.