Desa Pitue, Maju Desa Ta’ Berkat BUMDes Mattuju

pitue.jpg

Gedhe Nusantara melaporkan bahwa Desa Pitue adalah salah satu desa di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Sulawesi Selatan, dengan luas wilayah ± 565 ha dan berjarak ± 17 km dari pusat pemerintahan. Seperti kebanyakan desa yang berada di pesisir pantai dengan bentang alam yang datar dan memiliki ketinggian dua meter di atas permukaan laut, mata pencaharian sebagian besar warga Desa Pitue adalah petani tambak, nelayan dan budidaya rumput laut.

Jumlah penduduk desa ini 3.016 jiwa terdiri dari laki-laki 1.409 jiwa dan perempuan 1.607 jiwa dan terbagi dalam 4 dusun yakni Dusun Pitue, Dusun Gusunge, Dusun Jennae dan Dusun Sabange.

 Adapun total anggaran pendapatan desa Pitue sebesar 1,98 miliar berasal dari pendapatan asli desa yang bersumber dari pendapatan hasil usaha BUMDes sebesar 685,5 ribu, alokasi Dana Desa yang berasal dari APBD Kabupaten Pangkep sebesar 1,12 miliar lebih- atau sebesar 56,74% dan Dana Desa yang berasal dari APBN sekitar 857 juta rupiah – atau sebesar 43,23%. Anggaran tersebut di alokasikan untuk Belanja Penyelenggaraan Pemerintahan Desa sebesar 635 juta atau sebesar 33%, Belanja Pemberdayaan Masyarakat sebesar 535 juta atau sebesar 28%, Belanja Pelaksanaan Pembangunan Desa sebesar 530 juta atau sebesar 27%, Belanja Pembinaan Kemasyarakatan sebesar 212 juta atau sebesar 11% dan Belanja Tak Terduga sebesar 20 juta atau sebesar 1%.

 Realisasi Dana Desa di Bidang Pembangunan (infrastruktur) antara lain penambahan panjang talud dusun Jennae untuk menghindari longsornya pematang tambak masyarakat, Pembangunan jalan setapak Dusun Gusunge untuk memudahkan mobilisasi hasil tambak, pembangunan jalan setapak Kampung Padaelo untuk memudahkan transportasi serta menghubungkan dengan kampung lain dan renovasi posyandu permanen untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarakat. Ada hal yang sangat menarik dari Desa Pitue yaitu sejak tahun 2015 didirikan Badan Usaha Milik Desa yang diberi nama BUMDes Mattuju yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat desa dan Pendapatan Asli Desa, meningkatkan usaha masyarakat dalam pengelolaan potensi ekonomi desa yang pada akhirnya akan meningkatkan perekonomian desa.

 Pelatihan pengolahan hasil perikanan kepada masyarakat dilakukan agar dapat meningkatkan keterampilan untuk mengelola hasil panen yang melimpah, khususnya ikan bandeng, kepiting dan udang. Pelatihan Pengolahan Hasil Perikanan disertai pengadaan kemasan hasil pengolahan. Selain itu, Dana Desa juga digunakan untuk pelatihan budidaya rumput laut guna menambah pengetahuan masyarakat. Hasil budidaya dan olahan rumput laut ditampung dan dipasarkan oleh BUMDes Desa Pitue.

 Keberhasilan Desa Pitue dalam mengelola Dana Desa dan Alokasi Dana Desa tentunya tidak lepas dari semangat dan kerja keras dari aparat perangkat desa. Sukses tersebut sangat tergantung pada partisipasi seluruh warga masyarakat desa dan bimbingan dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Semua kisah sukses Desa Pitue dalam mengelola Dana Desa merupakan bagian dari kisah yang ada. Pembangunan yang berfokus pada BUMDes Mattuju, telah nyata menjadi katalisator kesejahteraan masyarakat desa.

Haryono SuyonoComment