Gebyar Keluarga Sejahtera TVRI Yogyakarta

Gemari.id - YOGYAKARTA : Dalam rangka memperingati Hari Kartini tahun 2019, BKKBN Pusat bekerjasama dengan TVRI Yogyakarta hari ini, 24 April 2019 menggelar acara Plengkung Gading. Acara ini dipandu oleh Prof Dr Haryono Suyono, Siwi Lungit dan mas Dibyo. Acara ini menampilkan beberapa narasumber antara lain staf Ahli Bupati Gunung Kidul, dr Hasto Wardoyo, SpOG (K), Bupati Kulon Progo, Dr dr M Yani, MKes, Deputi KSPK BKKBN PUSAT, Dr Sutoro Eko Yunanto, MSi, Ketua STPMD APMD Yogyakarta dan beberapa nara sumber lainnya.

Acara ini berlangsung pada pukul 17.00-18.00 wib dan disiarkan secara live dan bisa disaksikan oleh para penonton di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Penonton di studio terlihat padat, mereka terdiri dari kelompok UPPKS binaan BKKBN, mahasiswa STPMD APDM Yogyakarta, kelompok BUMDes, dan kelompok Posdaya di wilayah Yogyakarta.

Dalam acara ini, Menko Kersa dan Taskin di Era Orde Baru ini berkeinginan untuk mengajak semua perguruan tinggi untuk gabung dan bekerja sama dengan Kementerian Desa PDTT dan BKKBN guna membangun masyarakat desa dengan proses pemberdayaan.  Mahasiswa diajak terjun ke desa melalui program KKN, dan diharapkan bisa dekat dan membantu rakyat desa mengentaskan dirinya dari lembah kemiskinan.

Salah satu mahasiswa mengatakan bahwa selama ikut KKN di desa, banyak pengalaman yang didapat, mereka diajak ikut serta dalam musyawarah desa dan mereka melihat secara langsung bagaimana masyarakat menyampaikan aspirasinya dan aspirasi tersebut bisa ditampung. Kelompok Posyandu menjadi kebanggaan tersendiri bagi mahasiswa, karena bisa bergabung bersama-sama mereka dan ikut dalam musyawarah desa seperti layaknya anggota DPR di desa. 

Sementara Bupati Kulon Progo, mengatakan bahwa ia telah membuat perda, tentang warung-warung desa, dan Kulon Progo telah memiliki air dalam kemasan sendiri yang disebut Airku. Sebagai pemimpin ia telah melakukan banyak perbaikan dan terobosan dalam memberdayakan rakyatnya, kendati cara yang ditempuh kadang tidak populer. Semua warga diharapkan minum Airku produk dari Kulon Progo. 

Lain halnya dengan Deputi KSPK BKKBN, M Yani, sebelum acara berakhir, ia mengatakan bahwa di era industri 4.0, banyak informasi yang tidak semuanya menguntungkan, terutama bagi anak-anak, untuk itu keluarga harus menjadi benteng terkuat bagi anak-anak dan masa depannya.

 

upload.jpg

Haryono Suyono saat memandu acara Plengkung Gading TVRI Yogyakarta

upload.jpg

Suasana di Studio TVRI Yogyakarta terlihat meriah 

Mulyono PrawiroComment