BUMDesMart Sumber Rejo Sidoreja Menjadi Awal Berkembangnya Warung Desa Modern

sidorejo.png

Pujiono Kepala Desa Sidoejo melapor kepada Ketua Tim Pakar Menteri Desa PDTT Haryono Suyono bahwa Dana Desa yang dikucurkan pemerintah kepada Desa Sidorejo, Kecamatan Keluang, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumsel, melalui pengucuran modal Badan Usaha Milik Desa yang telah memiliki unit bisnis toko ritel modern bernama BUMDesmart berkembang pesat. BUMDesmart yang didirikan pada November 2017, mengantongi omset hingga ratusan juta setiap bulannya.

 BUMDesmart berkembang secara pesat dalam waktu yang singkat. Kurang dari satu tahun, omset Bumdesmart sudah mencapai Rp 209 juta perbulan. Beragam kebutuhan warga disediakan di Bumdesmart sehingga warga tidak perlu ke kota di Musi Banyuasin yang berjarak puluhan kilometer. BUMDesmart meningkatkan ekonomi warga Desa Sidorejo, sekaligus menekan angka pengangguran di desa tersebut karena usaha ini mendukung kelompok usaha perempuan untuk meningkatkan perekonomian keluarga. Ada sekitar 30 prosen dari keseluruhan produk yang dijual di BUMDesmart, merupakan produk olahan warga Desa Sidorejo. Kegiatan ini menuai apresiasi positif dari banyak pihak karena membantu promosi dan pemasaran produk lokal.

 BUMDesmart dibentuk dari dan untuk masyarakat desa. Lokasi Bumdesmart dipilih pada tempat paling strategis di antara beberapa desa. Efeknya, peningkatan transaksi cukup tinggi. Bahkan, minimarket modern ini juga diminati anak muda di sekitar karena menyediakan fasilitas Wifi gratis. BUMDesmart diproyeksikan menjadi toko grosir. Tujuannya  untuk memenuhi kebutuhan warung-warung di sekitar Desa Sidorejo. Anggaran bantuan modal dana desa sudah dianggarkan di tahun 2018 untuk merealisasikan program ini.

 Dengan harga grosir yang dilayani oleh Bumdesmart, pemilik warung kecil di desa bisa mengambil barang ke BUMDesmart, dengan harga terjangkau dan hemat uang transportasi. Para pengelola warung di desa yang biasanya membeli barang jualannya di pusat Kabupaten Musi Banyuasin yang jaraknya dari Desa Sukorejo ke pusat Kota Musi Banyuasin memakan waktu satu jam bisa menjadi sangat berhemat.

 Desa Sidorejo menjadi contoh yang baik bagi desa lain dalam mengembangkan Badan Usaha Milik Desa.KementerianDesa, PDTT melalui Subdit Kerjasama dan Kemitraan Masyarakat Desa (KKMD) mendukung inisiatif tersebut dengan dukungan pengembangan kapasitas. Desa ini dilibatkan dalam Bimbingan Teknis Kerjasama dan Kemitraan Bisnis untuk tingkat Provinsi Sumatra Selatan dengan harapan bisa menjadi contoh desa lainnya. Semoga.

Haryono SuyonoComment