Membangun Komunikasi dan tukar informasi Pembangunan Desa

IMG_2630.JPG

Satu hari setelah Coblosan Presiden, Wakil Presiden, Anggota DPD, dan anggaota EPRD tanggal 17 April, pada hari Kamis diadakan pertemuan antara Dr. Ivanovick Saputra, Ario Pamungkas, Abdullah Kamil bersama Ketua Tim Pakar Haryono Suyono guna merancang dan mempersiapkan program yang terfokus yang lebih mengena agar para aktifis pembangunan desa bisa memperoleh informasi mutakhir tentang pengalaman pembangunan desa dan masyarakat desa yang datanya setiap bulan di kumpulkan dan dikelola oleh Pusat Informasi yang dipimpinnya.

 Tukar menukar informasi antar pelaksana pembangunan desa menjadi sangat penting karena suatu desa dengan mudah dapat menyimak pengalaman desa lain membangun desanya. Pengalaman inovasi desa yang selalu diterbitkan oleh Pusat Informasi Desa yang dikelola oleh Ivanovick dan selalu diulas atau diedit dan di siar ulang oleh Ketua Tim Pakar melalui berbagai media sosial perlu lebih di kembangan dan disiar ulang melalui berbagai media lain seperti televisi, radio, You Tube dan media sosial lain agar desa-desa yang sedang menggelar programnya yang berhasil dapat memaparkan gagasan membangun desanya serta mengambil contoh dengan mudah dari desa lainnya. Penyiaran melalui media sosial seperti Gemari.id akan diperluas dengan penyiaran melalui TVRI jalur-jalur terpilih atas kerja sama antara TVRI dan BKKBN agar penduduk dan keluarga desa dapat menikmati sajian dan kalau perlu mengulang pengalaman yang berhasil dari desa tetangganya.

 Siaran melalui TVRI ini akan ditayangkan misalnya pada Rabu tanggal 24 April akan disiarkan acara Plengkung Gading melalui TVRI Yogyakarta pada jam 17.00 agar para punggawa desa di Yogyakarta dan sekitar Jawa Tengah bisa mengikuti acara itu dengan baik. Pada tanggal 30 April akan ditayangkan acara Dialog antara Kepala Desa dan Ibu Ketua Tim Penggerak PKK dari beberapa desa melalui TVRI Surabaya pada sekitar jam 17.00 agar masyarakat desa di Jawa Timur bisa mengikuti perkembangan pembangunan desa dengan baik dan kalau perlu mengambil manfaat dari pengalaman rekan-rekan dari desa lainnya. Pak Ivan dan pak Ario telah menyatakan kesediaannya memberikan bantuannya agar acara itu berjalan lancar. Semoga.

Haryono SuyonoComment