Dana Desa Tingkatkan Perekonomian Gampong Pasi Pinang

gampong.jpg

Dana Desa untuk Gampong Pasi Pinang banyak dimanfaatkan untuk hal-hal produktif, pada pembangunan perekonomian desa, seperti membeli mobil pick up dan traktor pembajak sawah, bibit padi, kambing, dan membangun gedung cuci kendaraan yang hasilnya juga dapat dimanfaatkan kembali oleh desa.

 Kebahagiaan dengan  dana desa itu membuat Desa Gampong Pasi Pinang mengalami peningkatan ekonomi gampong dari 2015 hingga 2017yang prioeitasnya teapat membiayai pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

 Pemerintah Gampong Pasi Pinang berharap roda perekonomian di wilayahnya bergerak lebih cepat, sehingga Desa Gampong Pasi Pinang di Kabupaten Aceh Barat, dan pada 2017 tercatat penduduknya 171 kk ini dapat lebih cepat maju. Letak gampong sangat strategis dan berada di pinggiran jalan raya Meulaboh-Nagan Raya. Mayoritas penduduk mendapat pengasilan melaui kegiatan bertani, berdagang, nelayan, wiraswasta, Galian C, dan hanya sebagian kecil pegawai negeri sipil. Secara statistik penduduk Gampong Pasi Pinang sudah masuk dalam kategori sejahtera.

 Hingga tahun 2017 pemberdayaan ekonomi pun sudah diberikan kepada 105 kepala keluarga. Namun demikian semua aparat dan penduduk gampong masih berusaha mencapai gampong yang mandiri dan sejahtera melalui pembangunan infrastruktur, ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan tata kelola pemerintahan. Pemanfaatan Anggaran Pendapatan dan Belanja Gampong (APBG) yang bersumber dari Alokasi Dana Desa, Dana Desa, dan sumber lainnya dimanfaatkan secara maksimal dan transparan. Pada 2016 pemanfaatan Dana Desa dimanfaatkan pada pembangunan pembangunan MCK TPQ Gampong, pengadaan mobil pick-up, traktor pembajak sawah, dan pembangunan Badan Usaha Milik Gampong (BUMG). Pada 2017, dana desa dimanfaatkan pada membangun gedung PAUD untuk menunjang pendidikan gampong dan membangun gedung cuci kendaraan.

 Untuk kegiatan nonfisik yang pembiayaan dari Dana Desa digunakan memberikan bantuan bibit padi kepada petani padi, pemberian bantuan kepada nelayan sungai, pemberian bantuan ternak kambing kepada masyarakat dan bantuan ekonomi untuk penyandang tunanetra. Untuk kegiatan pembinaan masyarakat, gampong melaksanakan kegiatan reubana, geulumbang, dan grup barzanzi dalam hal pembinaan seni dan budaya daerah, dalam pembinaan kesehatan gampong melaksanakan kegiatan Posyandu secara rutin, dan pemberian beasiswa dan pelatihan dalam usaha peningkatan sumber daya manusia. Dana desa ikut mempercepat pemulihan dan kebangkitan pasca-bencana yang cukup dahsyat seperti tsunami bukan hanya memerlukan tekad yang kuat dan semangat juang yang hebat, melainkan juga butuh dukungan dana yang memadai.

Haryono SuyonoComment