Pesta Demokrasi yang membanggakan di Indonesia

kampanye.jpg

Dalam dua minggu ini berturut-turut semua penduduk Indonesia menyaksikan dengan bangga banyak sekali yang dengan sukarela ikut dalam kampanye dua kontestan calon Presiden RI  di lapangan Gelora Olah Raga Bung Karno di Senayan. Kedua kampanye akbar tersebut mampu  menjadi simbol kebebasan demokrasi di Indonesia karena keduanya berhasil mendatangkan puluhan bahkan ratusan ribu pengunjung yang datang dengan wajah ceria dan damai.

Semua peserta berjalan santai dan ceria tidak ada kesan berdesak ingin menang sendiri karena mereka yakin bahwa semua tamu di lapangan memiliki tujuan yang sama memenangkan calon idamannya dalam pertarungan bebas aktif nanti pada tanggal 17 April 2019. Yang menang pasti sangat bersyukur dan diharapkan tetap menjadi saudara dari yang kalah. Yang kalah akan dengan sabar menanggapi kekalahan yang dideritanya dengan introspeksi apa yang menyebabkan kekalahannya.

Dari membludaknya masa yang datang ke tempat upacara kampanye akbar kita bangga bahwa bangsa Indonesia mampu menjadi penyelenggaraan Pesta Demokrasi yang gegap gempita dan menghasilkan peserta yang melimpah ruah tidak bisa dihitung dengan mudah. Mudah-mudahan kita juga mampu membangun dengan persatuan dan kesatuan yang kuat sehingga kemiskinan dapat segera dientaskan dan keluarga sejahtera dan mandiri dapat segera diwujudkan. Kedua kelompok pantas diacungi jempol bahwa bangsa ini memiliki ahli kampanye yang ampuh memiliki kaliber dunia yang dapat dibanggakan. Semoga Pemilihan Presiden dan jabatan lain berjalan dengan lancar, aman dan ceria karena mendapat perlindungan dan Ridho  oleh Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa. Amin.

Haryono SuyonoComment