Pantai Pidakan Pacitan Gelar Liburan Natal Tahun Baru

Pantai1.jpg

Pantai Pidakan di Pacitan dan sepanjang deretan pantai lain di daerah itu pada saat hari libur Natal dan tahun baru ini menunai limpahan turis lokal dan internasional yang membawa rejeki lumayan. Berbagai pantai itu mulai pasang tarif promosi murah meriah seperti halnya tempat-tempat turis terkenal di Bali atau di Hawaii di luar negeri dengan tawaran fasilitas yang sangat mengagumkan. Para turis, untuk menikmati deburan ombak seperti di Hawaii tidak perlu lagi harus repot mengurus Paspor, visa dan membayar ongkos tiket yang mahal. Atau harus meninggalkan hewan piaraannya di rumah karena setiap waktu bisa pulang memberi makan dan kembali bersama keluarga melanjutkan bersama keluarga menikmati pemandangan dan liburan yang menyenangkan di pantai yang di tata rapi dan memberi kenikmatan yang luar biasa kepada seluruh keluarga.

Pantai2.jpg

Pantai Pidakan adalah salah satu upaya pak Slamet sebagai Ketua Posdaya yang semula bersama Ibu Dian dan Ketua Yayasan Damandiri Haryono Suyono, Bupati Pacitan Drs. Endartarto dan perangkatnya mengangkat Pantai ini menjadi obyek turis yang indah dan menarik. Dengan adanya Dana Desa, Kepala Desa dan perangkatnya segera “meniru” Posdaya membentuk Bumdes Makmur sehingga obyek turis di daerah ini bisa dikembangkan secara maksimal beranak dengan obyek lainnya. Di kemudian hari diharapkan agar Posdaya dengan dukungan Dana Desa mendapatkan dukungan perbaikan sarana dan prasarana jalan yang memudahkan turis untuk masuk ke pantai yang penuh keindahan itu.

Wilayah Pantai Pidakan berdekatan dengan wilayah Pantai ngiroboyo, yang melalui Posdaya dibantu oleh pak Tantyo Sudharmono dengan dua buah komputer jinjing sebagai sarana untuk mengembangkan perencanaan oleh anak-anak muda desa. Salah satu atraksi yang ditawarkan sebagai Paket Turis adalah menikmati pantai dengan atraksinya menyusuri sungai dengan pemandangan alam yang asli dan sekaligus dapat melihat bagaimana masyarakat mengirim penyu ke laut untuk tumbuh kembang di alam habitatnya yang asli. Di samping itu pasir hitamnya sungguh menawan yang setiap kali di gempur ombak yang bersuara gemuruh seakan memberi sambutan tepuk tangan yang berirama serta menggetarkan jantung hati seakan dunia ini menyambut kedatangan tamunya dengan rasa syukur bahwa kita menghargai ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa berupa gunung dan laut sehingga kita boleh berbunga-bunga menikmati ciptaanNya itu.

Atraksi kombinasi dari dua Pantai Pidakan dan Ngiroboyo ini saja sudah sangat kaya guna menyambut hari Natal dan Tahun Baru masyarakat desa yang mengubah Pantai gersang menjadi daerah tujuan wisata yang maju dan indah, sehingga sangat lebih dari “luar biasa” bahwa masyarakat menawarkan Paket wisata yang murah meriah dengan tarif yang sangat terjangkau, bahkan nyaris terkesan gratis karena di Pantai Pidakan hanya di pasang tarif Rp. 300.000,- untuk satu keluarga dengan empat orang anggota, bapak ibu dengan dua orang anaknya, guna menikmati fasilitas tenda, makan pagi, makan siang dan fasilitas menggoreng atau membakar ikan tangkapan langsung yang dibeli murah dari nelayan, parkir gratis dan kesempatan menikmati pemandangan laut gratis disertai ombak datang bergunung-gunung seakan pasukan penyambut keluarga kita dengan tepuk tangan gemuruh tiada henti. Suatu pemandangan yang mengundang rasa kagum, padahal kita tidak perlu keluar uang berlebih untuk menghibur keluarga pada hari liburan yang penuh berkah dewasa ini. Suatu rangkaian hasil pembangunan desa yang di kelola oleh kelompok masyarakat, yang kemudian diikuti oleh Bumdes Makmur yang merintis Desa Wisata melalui dukungan Dana Desa dengan destinasi wisata Watubale, wisata alam pantai Mblenges, serta partisipasi masyarakat yang mengolah secara gotong royong melalui Posdaya Kampung Bambu yang menarik yang ujung-ujungnya adalah mendukung upaya pemberdayaan keluarga menuju keluarga yang bahagia dan sejahtera. Mari berbondong berkunjung ke Pacitan yang kaya dengan jaringan tujuan wisata yang tidak ada habisnya. Selamat menikmati dan salam mesra untuk pak Slamet, Ibu Dian dan masyarakat Desa yang berani bekerja keras dan maju berbagi kenikmatan bersama Saudaranya dari berbagai desa dan mungkin juga dari berbagai negara. Selamat menikmati wisata Desa di Pacitan dan berkah.

Pantai3.jpg



Haryono SuyonoComment