Posyandu Lansia di Desa Cipari, Kecamatan Cipari, Kabupaten Cilacap

PosLansia.png

Khalid Barkah melaporkan adanya Posyandu Lansia Desa Caruy yang merupakan salah satu Posyandu Lansia yang aktif di Kecamatan Cipari. Posyanhdu ini merupakanj pengembangan dari Posyandu Nasional yang mulai berdiri pada tahun 1983 dan Posyandu Lansia itu berdiri pada tahun 2009 sehingga pada waktu ini sudah berusia 10 tahun sejak pendiriannya, Posyandu ini memberikan pelayanan kesehatan bagi warga masyarakatnya yang telah berusia lanjut.

Desa Caruy terletak di Kecamatan Cipari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Pemerintah Desa Caruy terus berupaya mewujudkan kesehatan dan kesejahteraan secara merata tanpa melihat gender dan usia warga masyarakatnya, termasuk para kaum lanjut usia.

Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) bagi para lanjut usia (lansia) merupakan bentuk pemenuhan atas pelayanan kesehatan dan pembinaan kepada kelompok usia lanjut di desa. Penyelenggaraan Posyandu melibatkan peran serta aktif masyarakat, baik melalui kader kesehatan maupun kerjasama lintas program serta lintas sektoral, agar status kesehatan masyarakat meningkat.

Berbagai layanan kesehatan yang diberikan diantaranya pemeriksaan kesehatan, pengukuran tinggi dan berat badan, pengukuran tensi darah, senam khusus lansia dengan instruktur yang berkompeten, penyuluhan kesehatan serta program Pemberian Makanan Tambahan (PMT).

Tidak kurang dari 45 sampai dengan 60 lansia aktif memanfatkan Posyandu ini membuat keadaan Posyandu Lansia selalu ramai. Hal ini tidak terlepas dari peran serta kader Posyandu yang selalu giat mengkampanyekan hidup sehat dan mengajak masyarakat khususnya lansia untuk terus datang ke Posyandu.

Selain itu keberpihakan Pemerintah Desa untuk terus menganggarkan di APB Desa nya bagi program ini juga patut diacungi jempol, hal ini diselenggarakan menuju Desa Caruy yang inklusif. Desa untuk semua warga masyarakat, tidak memandang usia dan status sosial warganya. Karena Lansia giat memeriksakan kesehatan, Ketua Tim Pakar Menteri Desa PDTT Prof Dr Haryono Suyono menganjurkan agar para Lansia diajak aktif mengantar anak balita ke PAUD sehingga disamping rajin ke Posyandu, para Lansia memiliki kegiatan lain mengantar anak balita punya sendiri atau anak balita tetangganya ke PAUD untuk ikut aktif mengikuti kegiatan dalam PAUD. Kegiatan itu akan membuat para lansia tetap aktif dan akan menambah sehat karena setiap pagi memiliki kegiatan yang menggembirakan. Semoga.

Haryono SuyonoComment