Desa Sigar Penjalin Prioritaskan Pengembangan Talenta Generasi Muda Desa

Menurut pelaporan Gedhe Nusantara, Pemerintah Desa Sigar Penjalin yang terletak di Kecamatan Tanjung, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat memiliki sekitar 40 prosen dari total penduduk desa yang sekitar 10.000 warga desa merupakan usia produktif. Para generasi muda itu gemar berolahraga, namum desa belum memiliki sarana dan prasarana olahraga yang memadai. Kendala utamanya adalah keterbatasan anggaran desa untuk membangun sarana olahraga.

 Jumlah penduduk Desa Sigar Penjalin berusia produktif yang tinggi, namun mereka belum mendapat dukungan pengembangan potensi dan bakat. Pemerintah berusaha membangun sarana olahraga desa berbasis peta demografi supaya jenis sarana olahraga yang dibangun lebih sesuai dengan kebutuhan dan potensi warga desa, Selain itu, lokasi pembangunan sarana olahraga juga lebih strategis.

 Pemerintah Desa menerima banyak usulan kegiatan pembangunan sarana olahraga, terutama dari dusun-dusun. Untuk itu Tim perencanaan pembangunan desa memutuskan melakukan pemetaan kebutuhan/usulan program pembangunan berdasarkan tinjauan demografi. Pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes), mereka menyampaikan hasil pemetaan kebutuhan/usulan sebagai dasar penetapan program prioritas pembangunan.

 Musrenbangdes 2017 sepakat memprioritaskan usulan pembangunan gedung olahraga dan lapangan volley. Lokasi gedung ditetapkan berdasarkan daerah yang memiliki jumlah usia produktif paling tinggi. Lalu, rencana pembangunan gedung olahraga ditetapkan sebagai program prioritas dalam penyusunan RKPDes 2017 dengan dukungan anggaran Rp 260.000.000,- dari Dana Desa.

 Pengerjaan pembangunan gedung olahraga dilakukan secara swakelola dengan mengoptimalkan pendamping desa, serta melibatkan tukang batu dan tukang kayu lokal. Pembangunan itu menjadi wujud program kerja tunai yang menjadi prioritas Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

Haryono SuyonoComment