Perlu Komitmen Bersama Atasi Penyakit Tidak Menular

Gemari : Jakarta, 22 November 2019, Informasi dari Yayasan Stroke Indonesia (Yastroki). Penyakit tidak menular (PTM) menekan negara-negara berkembang, dan pada negara-negara berkembang penyakit tidak menular meningkat lebih cepat, pada orang yang lebih muda, dan dengan dampak yang lebih buruk dari pada negara maju. Menurut sumber dari NCD (Non – Communicable Diseases) suatu lembaga internasional untuk penanggulangan penyakit tidak menular dikatakan bahwa 75% kematian karena penyakit tidak menular terjadi di negara berkembang.

Setiap tahun 41 juta orang meninggal akibat penyakit tidak menular sebelum usia 70 tahun, jika melihat data tersebut muncul pertanyaan siapa yang banyak menggunakan anggaran BPJS Kesehatan ?, yaitu pasien dengan penyakit tidak menular, seperti hypertensi, jantung, stroke, kanker, ujar dr. Anna Ulfah Rahajoe, SpJP selaku coordinator Aliansi PTM Indonesia pada acara Aliansi PTM Indonesia di Restoran Bebek Bengil Jakarta belum lama ini.

Acara tersebut dihadiri oleh seluruh anggota alainsi PTM, yaitu : Yayasan Jantung Indonesia, Perhimpunan Dokter Kardiovaskular Indonesia (PERKI), Yayasan Kanker Indonesia (YKI),  Yayasan Stroke Indonesia (YASTROKI), Perhimpunan Onkologi Indonesia, (POI), Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PERNEFRI), Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia  (PAPDI), Persatuan Diabetes Indonesia (PERSADIA), Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonessia (PERDOSSI), Smoke Free Jakarta (SFJ), Muhammadiyah Tobacco Control Center (MTCC), Aliansi Masyarakat Korban Rokok Indonesia (AMKRI), Komnas Pengendalian Tembakau (Komnas PT).

Pertemuan ini untuk meneguhkan komitmen bersama dalam pencegahan dan pengendalian  penyakit tidak menular.

Komitmen bersama dari aliansi PTM adalah :

-          Bekomitmen untuk membentuk kemitraan yang kuat bersama pemerintah, lembaga dan organisasi masyarakat untuk melakukan pencegahan dan pengendalian PTM.

-          Mendesak pemerintah RI dan DPR RI agar segera membentuk dan menegakan kebijakan dan peraturan tentang  pencegahan dan pengendalian PTM.

-          Mendorong komitmen pemerintah dalam bentuk dukungan sumber daya dan alokasi pendanaan dalam upaya pencegahan dan pengendalian PTM.

 Penulis : Budi Yayasan Stroke Indonesia

Para pengurus Yastroki dan mereka yang peduli masalah Stroke sedang berfoto bersama

Para pengurus Yastroki dan mereka yang peduli masalah Stroke sedang berfoto bersama

Mulyono PrawiroComment