Pelatihan Mekanik Tingkatkan Kompetensi SDM

Peluang usaha bagi masyarakat memang perlu mendapat dukungan pemerintah. Selain untuk menciptakan wirausaha-wirausaha baru juga sebagai upaya mengentaskan angka pengangguran. Langkah ini dilakukan Kementerian Perindustrian dengan menggelar program pelatihan mekanik sepeda motor untuk masyarakat yang terkena dampak gempa di Sulawesi Tengah, beberapa waktu yang lalu. Kegiatan ini sebagai upaya pemerintah guna menciptakan wirausaha baru di sektor reparasi sepeda motor sekaligus menggugah kemandirian masyarakat pasca bencana.


“Program tersebut juga sejalan dengan keinginan pemerintah untuk terus meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM),” kata Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kemenperin Putu Juli Ardika lewat keterangan resmi di Jakarta, Senin.


Termasuk dalam hal ini, lanjutnya, adalah peningkatan kemampuan sumber daya manusia dibidang perbengkelan.


Pelatihan mekanik sepeda motor yang merupakan hasil kerja sama Kemenperin dan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) ini, ditargetkan dapat melibatkan 500 peserta.


Kategorinya yakni, lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebanyak 150 orang, guru SMK (30 orang), pekerja bengkel tradisional (60 orang), dan mekanik binaan anggota AISI (240 orang).


Selain itu, lanjut Putu Juli Ardika,pihaknya tengah menyiapkan program pilot project SMK, yang bertujuan membangun satu education center sebagai showcase di salah satu SMK di Sulteng.


"Showcase yang dilengkapi peralatan perbengkelan dan modul pelatihan mekanik sepeda motor sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) dan teknologi terkini,” jelas Putu. ADS

upload.jpeg

Pelatihan meknlanik sepeda motor.

Ade SudrajatComment