Mas Rudi, dr Rina dan Rombongan di Arafah

Arafah tempat Nabi Adam dan Hawa bertemu setelah lama berpisah rupanya membawa kenangan yang indah buat dr Rina dan mas Rudi. Di tempat ini mereka bertemu dengan mbak Heni isteri mas Agung almarhum yang meninggal dunia karena serangan jantung,

Di tempat ini pul mereka menikmati bakso seperti layaknya di Blok S Jakarta yang rasanya jauh lebih nikmat karena kangen. Bisa tambah dan rasanya tidak mau berhenti.

Di tempat ini pula mereka merasa panas seakan sejuk bisa berlindung di bawah tenda yang agak sejuk biarpun keadaan panas tetap sekitar 40 derajat celcius.

Dari padang Arafah rombongan pergi ke Madina dan Mekah untuk melempar jumrah dengan batu-batu kecil yang dikumpulkan di bukit Arafah, rasanya tuntaslah tugas menjadi utusan memberantas segala macam kejahatan. Sesudah itu jalan antara bukit Safah dan Marwah seakan mengulang istri Nabi Ibrahim mencari air diakhiri dengan cukur rambut. Kemudian disusul lagi dengan memutari Ka’bah menikmati keindahan persatuan umat Islam yang dengan tertib memanjatkan doa atas keagungan Ilahi.

Bagian akhir dari ritual haji adalah salat Wadah pamitan kepada kota mekah dengan harapan diundang kembali karena rasa rindu berkat kedekatan dengan Nabi dan penglaman beliau bersama ummat Islam seluruh dunia.  Maka secara resmi pamitan kepada keindahan kota Mekah dan sekitarnya.