Opung Tiur : Kebahagian Semakin Lengkap Tinggal di Rumah Lansia Bahagia Cibubur

Terlihat Opung Tiur sedang menyimak dengan seksama berbagai pertanyaan dari audiens yang hadir di acara BAKI

GEMARI.ID-CIBUBUR. Sasana Tresna Werdha RIA Pembangunan (STW-RP) memiliki suatu program bulanan yang sangat menarik, khususnya untuk Lansia Indonesia. Program tersebut dinamakan Bincang Antar Kita atau BAKI Kopi Reminiscence Therapy. Program bulanan Rumah Lansia Bahagia STW RIA Pembangunan yang digelar pada Jumat, 14 Juni 2024 jam 10.00 - 11.30 WIB hari ini, menghadirkan Narasumber, Opung Tiur Riama Ritonga, SH, MH, demikian disampaikan Kepala STW-RP kepada Tim GEMARI di Jakarta. Jum’at (14/06/2024).

 Menurutnya, wanita yang telah berusia 78 tahun yang biasa dipanggil Opung Tiur ini adalah orang Batak tulen, hanya saja beliau dilahirkan di kota Solo, Jawa Tengah 78 tahun lalu dan beliau besar di kota Semarang. Opung Tiur adalah jebolan Fakultas Hukum Universitas Diponegoro dan yang bersangkutan sudah lebih 4 tahun tinggal di Rumah Lansia Bahagia STW RIA Pembangunan, katanya.

Suasana santai dan menarik di acara BAKI yang digelar di Sasana Tresna Werdha RIA Pembangunan

Pak Abas sapaan akrab Kepala STW-RP menambahkan bahwa, Opung Tiur ini adalah seorang pensiunan pejabat dari Bank milik pemerintah yaitu BAPINDO, yang saat ini bernama Bank Mandiri, suatu Bank terbesar di Republik ini. Dari hasil perbincangannya, beliau bercerita tentang kehidupannya, sejak masih di tinggal di Solo, Semarang, dan saat berkeliling di seluruh Indonesia, bahkan sampai keliling dunia dan akhirnya menetap di Jakarta, imbuhnya.

Selain itu, dalam ceritanya Opung Tiur pernah menjadi anggota PANDU atau Pramuka senior ini. Dirinya merasa bahagia bisa hidup dan tinggal di STW-RP. Kebahagiannya makin lengkap setelah Opung Tiur merasa makin sehat dan kemampuannya dalam aktifitas juga meningkat. Sebagai penyintas stroke dan mengalami keterbatasan gerak, sempat selama 1 tahun hidup hanya di atas kasur. Namun setelah 2 tahun tinggal di STW-RP dan menjalani terapi, Alhamdulillah kini sudah bisa duduk nyaman di kursi roda dan melakukan sebagian ADL atau Activity of Daily Living secara mandiri, tuturnya.

Salah satu penghuni Rumah Lansia Bahagia, Ibu Ir Ida Ismail Nasution, MBA hadir di acara BAKI

Dirinya menyadari bahwa, ketaatan dan ibadah yang selalu dilakukan serta optimisme mengundang kasih sayang Tuhan yang tiada tara. Ketulusan dan kesungguhan merawat Opung dari para perawat, sosial worker dan Pembantu Orang Sakit (POS) juga menjadi wasilah (sebab) Opung makin sehat dan bahagia. Ia berpesan agar kita semua tetap dan mengharap kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dengan segala doa dan kebaikan, maka Tuhan dan semua makhluk NYA akan sayang kepada kita, pesannya. @mulyono_dp