Menjadi Pegawai yang Inovattif dan Maju

Sejak kami menjabat sebagai Kepala BKKBN mulai tahun 1983, kami anjurkan kepada para karyawan, pegawai kami, agar menjadikan kegiatan rutin fikembangkan menjadi kegiatan yang bersifat inovatif dan maju sehingga bisa memberi hasil positif lebih efisien dengan performan secara pribadi sebagai pegawai negeri yang efisien dan akhirnya membuaat Lembaga kita tempat bekerja mendapatkan hasil yang sangat positif.

Kegiatan dengan falsafah inovatif itu menjadi sorongaan pegawai yang bekerja secara rutin mencari dan mencoba mencari cara-cara baru untuk kegiatan yang biasa dikerjakannya secara rutin diubah kepada cara-cara baru yang lebih efisien dan mampu memberikan hasil yang jauh lebih baik.

Perubagan itu merupakn usaha inovatif yang kalau perlu dilakukan dengan peningkatan atau perubahan drastis tata cara yang semula sudah melembaga bertahun tahun. Perubahan itu perlu digarap dengan teliti dengan keyakinan bahwa yang baru akan jauh lebih baik.    

Contoh konkrit adalah perubahan itu adalah pembuatan daftar gajih dari system diketik dengan mesin ketik besar dan panjang menjadi system dicetak dengan computer.

Untuk beberapa bulan system ini dicoba dengan efisiensi tinggi dan mudah karena setiap mutase pegawai tidak perlu diketik ulang lagi, cukup yang berubah saja yang diketik.

Perubahan system ini perlu waktu lama karena menunggu persetujuan Kementerian Keuangan. Setelah disetujui barulah system itu diberlakukan sampai sekarang. Akibat system baru itu ada puluhan pegawai juru ketik perlu dipindah tugaskan ke bagian lain arena tidak diperlukan pengetik yang jumlahnya banyak. Mestinya Kementerian Keuangan memberi penghargaan krpada BKKBN atas inovasi tersebut,

Haryono SuyonoComment