Kolaborasi dan Sinergi STW RIA Pembangunan Bersama ALZI untuk Lansia Bebas Demensia

Direktur Eksekutif Alzheimer Indonesia, Michael Dirk Roelof Maitimoe saat memberikan pengarahan kepada para Fasilitator kegiatan


 

GEMAR.ID-CIBUBUR. Masih dalam suasana semangat HUT Kemerdekaan RI ke-78, 17 Agustus 2023 dan menyambut Alzheimer Day September mendatang Rumah Lansia Bahagia STW RIA Pembangunan Cibubur berkolaborasi dengan Yayasan Alzheimer Indonesia (ALZI) mengadakan kegiatan bersama Lansia penghuni dan anggota daycare Rumah Lansia Bahagia Cibubur berupa Art Therapy, demikian dikatakan Ns. Ibnu Abas, M.Kep.,Sp.Kep.Kom, Kepala Rumah Lansia Bahagia STW RIA Pembangunan kepada awak Media. Jum’at (25/08/2023).

Sementara itu, Michael Dirk Roelof Maitimoe, M.Psi., Psikolog, Direktur Eksekutif Alzheimer Indonesia menceritakan, sekilas tentang Yayasan Alzheimer Indonesia (ALZI) yang telah bekerjasama dengan STW-RP sejak tahun 2000, adalah organisasi non-profit yang memiliki visi untuk membantu meningkatkan kualitas hidup Orang Dengan Demensia (ODD) beserta keluarga dan caregivers di Indonesia. Berdiri pertama kali pada Juli 2000 dengan nama Asosiasi Alzheimer Indonesia, dan resmi menjadi anggota Alzheimer’s Disease International (ADI) sejak 2009 lalu.

Para fasilitator terlihat semangat mendengarkan arahan dari Direktur Eksekutif AZLI

Berkembangnya organisasi, dengan dukungan anggota dan relawan dari berbagai usia dan latar belakang membuat organisasi melakukan transformasi menjadi Yayasan Alzheimer Indonesia pada 2013 lalu dengan kampanye “Jangan Maklum Dengan Pikun” memiliki jumlah relawan mencapai lebih dari 1000 orang serta followers media sosial mencapai lebih dari 6000 orang yang tersebar di 19 kota/wilayah di Indonesia dan 6 negara di luar Indonesia seperti Belanda, USA, Swiss, Qatar Jerman, dan Inggris Raya. Kiprah ALZI untuk melawan demensia sangat banyak diantaranya Pelatihan Perawatan Demensia ALZI, layanan NARAZI (Navigasi Perawatan ALZI secara online), Edukasi dalam bentuk webinar (selama masa pandemi), serta publikasi dalam bentuk buku, video dan merchandise yang dapat dilihat melalui store.alzi.or.id dan kegiatan bermanfaat untuk lansia, katanya.

Selain itu dirinya menambahkan, di  HUT nya yang  ke-10 ,ALZI menyelenggarakan berbagai kegiatan diantaranya Art Therapy dan Senam Otak  bersama para Lansia binaan Rumah Lansia Bahagia STW RIA Pembangunan. Dengan tagline barunya SEROJA SEMANGGI (Sehat Rohani dan Jasmani dengan Semangat Tinggi) menyelanggarakan program SERAZI bersama STW-RP dan lembaga lainnya berupa melukis dan selanjutnya akan dipamerkan lebih dari 40 hasil karya Lansia di hari puncak Alzheimer Day bersama ALZI pada 23 September 2023 mendatang, imbuhnya.

Disamping itu ia juga menjelaskan bahwa, sejak awal Agustus 2023, ALZI bersama Rumah Lansia Bahagia STW RIA Pembangunan melaksanakan program SERAZI (Sehat Bersama ALZI) setiap hari Sabtu, 4 minggu berturut-turut sejak 19 Agustus sampai 9 September 2023. Adapun kolaborasi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup Lansia, ODD, di Rumah Lansia Bahagia  STW RIA Pembangunan, jelasnya.

Ir. Josy lansia STW-RP memamerkan dan menceritakan makna dari hasil lukisannya.

Ia berharap dengan adanya aktivitas yang bermakna ini, dapat mencegah/melawan kepikunan bagi para Lansia dan ke depan dapat dilakukan bersama ALZI untuk lansia dan ODD di sini. Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi, dapat mengunjungi website ALZI di www.alzi.or.id. IG/FB stw_ria_pembangunan. Selain itu, ia juga berharap para pengelola Rumah Lansia Bahagia STWRP mendapatkan aktivitas beragam dan juga dapat diadaptasi, pungkasnya. @MDP.

Ade SudrajatComment