Para Insan Pasca Stroke diundang Ikut Serta

Pada hari Rabu tanggal 12 Juli 2023 mulai pukul 11.00 pata insan Pasca Stroke yang biasa aktif di Rumah Sakit - Rumah Sakit tempat perawatan mereka diundang untuk bersama Mayor Jendral Dr dr Tugas Ratmono SpS, Ketua Umum Yayasan Stroke Indonesia, aktif dalam dialog bincang-bincang tentang stroke malaui Radio. Dialog tentang Stroke ini diadakan setiap dua minggu melalui Radio kesayangan anda Radio Fm 103,4 m atau biasa disebut DRadio yang setia melayani anda.

Dalam dialog omong-omong tentang Stroke yang menyerang umat manusia tidak pandang bulu sekarang ini ikut hadir Prof. Dr. Haryono Suyono yang menjabat sebagai Pembina mendampingi Ketua Umum yang baru. Sebagai Pembina beliau berkenalan dengan para insan pasca stroke dan mengetahui suka duka para penderita stroke sehingga bisa menambah keterangan yang diberikan oleh Ketua Umum yang ahli dalam bidang stroke atau penyakit yang disebabkan kelainan fungsi syaraf. Karena itu para pendengar siaran radio diharapkan bertanya sebanyak banyaknya kepada para naras umber yang tampil besuk pagi. Selamat mengikuti Siaran Radio dan Zoom hari Rabu besuk pagi mulai jam 11.00 pagi.

dr. Nadia Nurotul Fuadah

Alo, terimakasih atas pertanyaannya.

Tahi lalat yang terasa gatal biasanya menandakan bahwa tahi lalat tersebut meradang, seringnya akibat iritasi atau infeksi sekunder. Faktor lain seperti eksim, xerosis, neurodermatitis, gigitan serangga, dan sebagainya bisa juga membuat gatal di sekitar tahi lalat semakin mengganggu.

Tindakan Anda menggaruk tahi lalat tersebut sebaiknya dihentikan, agar tidak malah membuat tahi lalat Anda semakin meradang. Bukan itu saja, tindakan menggaruk tahi lalat berlebihan bisa juga membuat luka atau bekas yang mengganggu.

Lebih aman, keluhan Anda diatasilah dulu dengan:

  • Mandi yang rajin dan bersih

  • Kompres dingin atau oleskan lotion calamine ke tahi lalat yang gatal

  • Kenakan pakaian yang bahannya lembut dan juga longgar

  • Tidak sembarangan bertukaran barang pribadi dengan orang lain

  • Hindari hal-hal yang membuat Anda alergi

Namun, jika keluhan berlanjut terus, silakan diperiksakanlah langsung ke dokter ya..

Semoga membantu.

Oleh:

dr. Nadia Nurotul Fuadah


Haryono SuyonoComment