Konsolidasi Kebun Bergizi di Atap HSC

Diatas atap Gedung Haryono Suyono Cnter (HSC) Jalan Perdatam di Jakarta, sejak didirikan beberapa tahun lalu secara sengaja di tanami tanaman Kebun Bergizi. Tanaman yang ditanam bersifat lengkap ada pepohonan dan sayur-sayuran segala macam jenis.

Dalam perkembangan ternyata tanaman pepohonan bisa tumbuh dengan baik dihiasi dengan dedaunan yang rimbun. Tetapi pada waktu hujan angin, pohon-pohon itu tertiup angin dan sebagian yang rimbun roboh tidak tahan menampung daun yang rimbun.

Terpaksa pohon itu dibuang dari atap Gedung lantai tiga yang cukup merepotkan. Usaha menyingkirkan pohon roboh itu memakan waktu yang cukup lama dan merepotkan. Sedangkan tumbuhan sayur yang pendek tidak terpengaruh angin, tetap tegar tumbuh subur tidak roboh oleh pengaruh angin dan hujan. Hanya perlu pelindung guna mengatur volume sinar matahari.

Tanaman sayur memiliki nilai lebih karena setiap hari Kamis, seperti yang ada di Loji dan Cinangka, bisa panen dan memberi hasil untuk membeli bibit buat tanaman minggu berikutnya.

Atas pengalaman itu maka ahli Kebun Drs Rudy Lubis yang memegang sertifikat tanaman Organik memutuskan dengan Tim Lapangan pak Sarwadi, mas Teguh dan mas Toha untuk melakukan konsolidasi Kebun.

Tanaman pohon yang besar dan rimbun diturunkan dan dipindah ke Kebun di Cinangka diganti menjadi Kebun Bergizi sayur yang setiap hari Kamis menjadi ladang sayur siap panen. Suatu pelajaran bagi Kebun Bergizi di halaman rumah yang perlu mengutamakan sayur yang siap panen setiap minggu.

Pohon yang diturunkan di tanam di pinggir yang tahan angin dan tidak mengganggu keamanan rumah atau pekarangan orang lain yang berseberangan.   

Haryono SuyonoComment