Peringatan Hari Ulang Tahun Sasana Tresna Wreda RIA Pembangunan

Hari ini dengan sangat meriah para Pengurus STW RIA Pembangunan di Cibubur nengadakan Peringatan didirikannya Pusat Pemberdayaan Penduduk Lanjut Usia yang ke 39.  Sasana Tresna Wreda (STW) tersebut didirikan oleh Ibu Tien Soeharto bersama para isteri Menteri-menteri yang bernaung dibawah Presiden RI, almarhum Bapak Mohammad Soeharto sampai tahun 1990 yang lalu.

Gagasan itu sesungguhnya adalah gagasan awal dari Ibu Negara Ibu Tien Soeharto sebagai contoh agar di daerah-daerah, khususnya daerah tingkat satu atau provinsi, didirikan Lembaga swasta seperti STW yang menampung partisipasi swasta menyediakan wadah bagi penduduk warga lansia, umumnya anggota masyarakat yang banyak jasanya dalam pembangunan tetapi semasa hidupnya tidak ada yang menampung sehingga dikala usia menjelang tua atau lansia dan semasa muda tidak mampu mengadakan persiapan secara mandiri, menjadi sangat terlantar. Orang tua, isteri atau suami tersebut, tidak memiliki anak atau anaknya tidak mampu melakukan pemeliharaan, atau orang tuanya tidak nyaman dipelihara oleh anak atau mantunya, sehingga perlu disediakan tempat khusus yang bisa dimanfaatkan secara nyaman pada hari tuanya.

STW di tingkat pusat diisi oleh isteri atau suami pejabat eselon satu, eselon dua atau pejabat bawahan yang di kala muda sangat getol bekerja pada pemerintah dan tidak mampu mengadakan investasi.  Atau kurang nyaman tinggal pada mantu atau anak-anak pada usia tua dan ingin “tetap merdeka” atau merasa myaman hidup bahagia  menunggu panggilan Tuhan Yang Maha Esa.

Di ingkat daerah diperlukan  Lembaga serupa yang diisi oleh Bupati, Isteri bupati, walikota atau pejabat teras tingkat daerah atau amak-anak dan mantu yang kurang nyaman seperti juga di ditingkat pusat, karena selama masa jabatan kedua orang tuanya, tidak siap melakukan investasi untuk masa tuanya. Almarhumah Ibu Tien belum sempat memikirkan untuk STW tingkat daerah, tidak berarti bahwa tidak perlu adanya Lembaga timgkat daerah tersebut, tetapi sampai hari ulang tahun STW kali ini kita memperingati contoh STW tingkat pusat yang didirikan oleh almarhumah Ibu Tien Soeharto dan para isteri Menteri tingkat pusat lainnya.

Menjelang ulang tahun, pada hari Sabtu lalu, pada saat STW mendapat tamu dari Ibu2 tokoh IPB Bogor, Prof Dr Haryono menghimbau agar gagasan Ibu Tien dengan STW di tingkat pusat, dibaca bahwa beliau ingin mengembangkan pula di tingkat daerah. Kerja sama dengan IPB bisa diperluas dengan kerja sama Pergurun Tinggi lain dan Pemda tingkat Provinsi lain, guna membuat pula STW tingkat Provinsi lainnya.

Kalau ini terjadi, maka akan ada STW Provinsi yang menampung lansia tingkat provinsi yang menarik dan bisa menjadi suatu “laboratorium hidup” yang menarik guna mempelajari lansia yang jumlahnya makin melampaui jumlah anak balita di suatu daerah atau secara nasional di seluruh Indonesia. Momentum tersebut bisa menjadi awal dari momentum Ulang Tahun STW dewasa ini.  

Sementara itu pengalaman pembuatan Posdaya antara IPB dan beberapa Perguruan Tinggi daerah lain bisa menjadi pengalaman pembuatan kelompok pengambil Prakarsa STW di daerah dengan Pemeritah Provinsi dan kelompok STW di daerah setempat. Gagasan yang dilemparkan pada ulang tahun STW tersebut bisa segera ditindak lanjuti oleh beberapa kalangan secara terpadu. Bahkan ada Rektor Perguruan Tinggi Pof Dr Illah Sailah siap juga bekerja sama.

Disamping itu Pesta Ulang Tahun yang digelar di Lapangan Parkir STW tersebut dimeriahkan bersama dalam kegiatan STW bersama para relawan yang bekerja dengan STW. Ada beberpa tokoh yang ikut memeriahkan acara Webinar yang sengaja digelar untuk itu.

Haryono SuyonoComment