Menggelar Pameran Kebun Bergizi di Balai Kota

Suatu kemajuan sikap positif ditunjukkan oleh Pemda DKI Jakarta yang minggu lalu selama hampir satu minggu menyelenggarakan pameran Kebun Bergizi di Balai Kota. Pameran itu diikuti oleh beberapa Dinas Pemda dan Lembaga swasta seperti Yatasan Anugerah HSC dari Perdatam di Jakarta.

Selama pameran Lembaga-lembaga dinas Pemda DKI secara gratis membagi hadiah berupa bibit dan tanaman sayur kepada para pengunjung karena semua kegiatannya dibiayai oleh Pemda. Kegiatan itu sangat merugiikan para peserta organisasi Masyarakat dan swasta yang membiayai semua kegiatannya secara mandiri.

Menurut mas Fajar dan mbak Ria yang menunggui pameran dari Yayasan Anugerah, setuju saja dengan promosi gratis bibit sayur dan tanaman contoh untuk umum guna menarik minat menanam seperti yang dipamerkan. Persoalannya bagi Lembaga swadaya Masyarakat dan swasta yang ikut promosi tanaman halaman rumah dengan model tanam bebas pupuk kimia menjadi tidak adil karena harus membiayai sendiri biaya produksi dan biaya pameran. Padahal sasaran dan hasilnya sangat bagus untuk memelihara Kesehatan karena tanaman yang disajikan bebas residu dari zat kimia. Sayur dan buah-buahan sangat cocok untuk hidup sehat di kota yang sudah sangat padat polusi.

Aneka sayuran dan buiah-buahan yang dipamerkan seperti cabe, poksai, kangkung, bayem dan lainnya cukup laris dibeli oleh para pengunjung yang umumnya pegawai Pemda DKI di Balai kota. A;angkah baik kalau pameran seperti ini diadakan juga di wilayah dan dibuka untuk umum dengan subsidi pemda untuk promosi produk yang dibagikan kepada pemerhati pameran yang berminat membuka Kebun di halaman rumah masing-masing.

Haryono SuyonoComment