Satu dari 50 Pemimpin Dunia

Menurut TIMES dari New York di tahun 80-an Prof. Dr. Haryono Suyono dikabarkan adalah satu dari 50 orang pemimpin dunia dalam bidang Kependudukan dan Program KB. Kebanyakan para pemimpin dunia itu berasal dari Perguruan Tinggi di Amerika yang menulis buku kuliah tentang kependudukan dan Program Keluarga Berencana yang dianjurkan.

Prof Dr Haryono Suyono adalah Akademisi yang berkecimpung langsung dibawah kepemimpinan Presiden RI HM Soeharto memimpin program dan Gerakan KB yang berhasil menurunkan tingkat kelahiran sampai limapuluh persen antara tahun 1970-1987. Penururunan drastis itu diakui dunia oleh PBB melalui penghargaan UN Population Awards pada tahun 1987 kepada Presiden HM Soeharto dari Indonesia.

Sejak diberikannya penghargaan PBB itu Indonesia menjadi pusat pelatihan program dan Gerakan KB berbasis masyarakat untuk peserta dari negara-negara yang menggerakkan masyarakatnya mengelola program dan gerakan yang sama.

Dewasa ini program tersebut telah mulai melembaga dalam masyarakat luas. Bantuan dari pemerintah berupa alat kontrasepsi dan program pemberdayaan

Haryono SuyonoComment