Mendorong Program Study Kesehatan Masyarakat

Beberapa bulan terakhir ini terlihat kita mampu mengatasi merebaknya serangan Virusn yang hampir-hampir melumpuhkan kehidupan Masyarakat pada umumnya. Dewasa ini kita sedang bekerja keras untuk mengupayakan agar anak-anak yang dilahirkan tidak Tekena stunting sehingga masa depannya dapat tumbuh normal dan menikmati kehidupan yang Bahagia dan sejahtera.

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan RIA Pembangunan di Jakarta sejak awal menyelenggarakan program study Kesehatan Masyarakat. Pengertian Kesehtan Masyarakat menurut sumber awalnya adalah Ilmu pengetahuan yang mencari hubungan trerbaik antara berbagai penyakit dengan masyarakat dalam arti bagaimana masyarakat memahami setiap jenis penyakit agar mampu melakukan persiapan mencegah atau menghentikan penularannya lebih luas.

Dalam upaya tersebut para ahli ilmu Kesehatan Masyarakat melakukan promosi hidup sehat agar secara langsung mampu bertahan mencegah masuknya penyakit pada anggotanya. Dengan demikian para ahli Kesehatan Masyarakat adalah ahli menata dan mempersiapkan manusia dan lingkungannya untuk tetap sehat dan mampu mencegah bibit penyakit tidak mengganggu atau tinggal dalam lingkungan  atau menyamperi angota Masyarakat yang ada di wilayahnya.

Pada Hari Pahlawan 10 Nopember hari ini, pendekatan yang dilakukan oleh para ahli Kesehatan Masyarakat pada umumnya perlu diperluas dari sifat sifat preventif lebih komunikatif dan akrab dengan komunitas pada umumnya. Pendekatan itu lebih sebagai sahabat atau pendamping anggota masyarakat untuk melakukan berbagai usaha agar penyakit tidak memasuki wilayah yang dijaga tetap sehat biarpun ada serangan penyakit seperti wabah Virus Corona beberapa waktu yang lalu.

Dewasa ini kita tidak menghadapi serangan penyakit tetapi memiliki budaya yang belum kondusif sehingga menyebabkan angka kematian ibu hamil dan melahirkan serta kematian bayi, kematian anak masih tinggi. Salah satu sebabnya adalah karena kejadian itu sudah dianggap biasa sehingga sebagian dari kita mnegnaggap bukan karena sakit tetapi bagian dari kehidupan biasa.

Lulusan Progam Studi lmu Kesehatan Masyarakat harus memandang bahwa keadaan itu adalah penyakit yang bisa dicegah. Fakultas Ilmu Kesehatan di seluruh Indonesia perlu bekerja sma secara terkoordinir untuk mngajak masyarakat “mencegah kematian” ibu hamil dan anak-anak di seluruh Indonesia tersebut.

Berbagai program konunikasi informasi dan pemberdayaan perlu dikembangkan agar masyarakat berstu dan bergerak dengan kekuatan yang tinggi nencegah terrjadinya kematian yang memilukan tersebut. Semoga.

Haryono SuyonoComment