Desa Bojong Menjadi Tempat Pengabdian Masyarakat dari STIKes Mitra RIA Husada Jakarta


Ketua Pelaksana PKM, Daniah, S.SiT, MKM saat memberikan sambutan.

GEMARI.ID-CIBUBUR. Beberapa dosen STIKes Mitra RIA Husada Jakarta Prodi S1 Kesehatan Masyarakat dan S1 Kebidanan melakukan pengabdian kepada masyarakat di Desa Bojong Klapa Nunggal, Bogor, Jawa Barat, demikian dikatakan Ketua Pelaksana Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dan salah satu dosen STIKes MRHJ, Daniah, S.SiT, MKM di Jakarta. Selasa (10/10/2023).

Pengadian Kepada Masyarakat kali ini bertemakan Optimalisasi Pemberdayaan Kader dan Implementasi Ibu yang Mempunyai Bayi Stunting. Menurrutnya, tujuan melakukan PKM adalah untuk membatu mempercepat penurunan pada bayi dan anak yang menderita stunting, dengan melakukan edukasi perubahan perilaku, sedangkan sasaranya kader dan ibu yang mempunyai bayi stunting dengan jumlah 50 orang ibu dan 15 kader, katanya.

Dosen STIKes Mitra RIA Husada Jakarta saat berfoto drngan Ibu-ibu yang mempunyai bayi stunting.

Dirinya menambahkan, manfaat dalam PKM ini bagi ibu yang mempunyai bayi stunting adalah menambah pengetahuan dalam pola asuh bayi stunting, dari asupan gizi maupun frekuensi makanan setiap harinya, sedangkan manfaat bagi kader adalah menambah ilmu dalam implementasi pola asuh bayi stunting, imbuhnya.

Dalam keterangannya Daniah menjelaskan, rencana dalam PKM ini akan mengeluarkan aplikasi untuk penghitungan BB ideal pada anak, sehingga akan mudah dalam melakukan deteksi. Bayi yang stunting lebih banyak karena ada penyakit yang menyertai seperti ISPA dan lainnya. Dalam edukasi ini dilakukan oleh Ibu Yulia herawati, S.SiT, MKM, ketua dalam PKM ini, Daniah, S.SiT, MKM serta anggota Erny elviany, S, MSi, Nuraini, SSiT, MKKK dan Yulia Herawati. Mereka dibantu oleh mahasiswa program studi Kesehatan Masyarakat sebanyak 3 orang mahasiswa, pungkasnya. @mdp

Ade SudrajatComment