Kebahagiaan di kerumunan Saudara dan Sahabat

Kedekatan antara Saudara dan sahabat menyambut Hari Raya Idulfitri tahun 2022 sungguh memiliki atiyang sangat penting. Hal ini benar juga untuk tiga pasang “love Birth” yang hidup mesra bersama pasangannya. Keberhasilan menerobos  perbatasan dan saling goda tidak menghasilkan kenikmatan. Keadaan itu justru membawa Hidup resah karena dikejar lawan yang pacarnya terganggu pasangan yang betinanya sedang mengerami telur. kembali. Love Birth jantan yang betinanya lagi ngerami telurnya menggoda junior perempuan putih pasangan kedua.  Hidup keduanya menjadi tidak tenang kembali.

Menjelang Hari Raya Idulfitri, sekat yang transparan itu dipasang kembali sehingga masing-masing bebas  saling menikmat hidup damai yang indah. Mereka saling bertegur tetapi di batasi sekat sehingga kedua pasangan membatasi diri dengan kejaran tidak menghasilkan pukulan maut. Dua pasangan terpisah.  Pasangan junior putih sangat bahagia. Sejak pagi-pagi bertengger berduaan saling berdempetan saling bersihkan sayap diseling saling mematuk penuh kasih sayang. Setelah jam 10.00 pagi rupanya adegan saling kangen itu berakhir tanpa ada adegan cinta kasih lebih lanjut.

Si betina putih terbang mencari tempat nongkrong lain. Dikejar si jantan hijau. Terjadilah kejar mengejar yang menarik saling memburu. Setelah beberapa saat saing terbang bubu memburu, si putih berhenti bertengger di ranting yang pagi tadi dijadikan tempat nostalgia. Laki-laki hijau segera mengejar dan dengan aman menempel pada kekasihnya dengan mesra. Saling patuk terjadi lagi tetapi tidak ada yang lari menghindar.

Sehari sebelum Lebaran Tim Dokter RSCM yang dipimpin oleh Prof Dr. Teguh Ranu Kusuma bersama sekitar 10 – 12 dokter dengan berbagai spesialisasi bergabung mengani bersama seorang pasien sepuh yang sebagian organ tubuhnya kecapaian karena digunakan secara maksimal untuk mempersiapkan diri membangun bangsanya.  Yang bersangkutan kerja keras seperti rekan-rekan pejuang lainnya tanpa dukungan ekstra sehingga bagian alat vital itu lumpuh  dan perlu intervensi khusus seperti jantung yang perlu “dibantu  dengan operasi khusus di Singapore.“  Begitu seterusnya, apabila ada yang bagian yang lemah diberikan intervensi atau fungsinya dimatikan agar tidak mengganggu sistem secara terpadu.   

Almarhum Presiden HM Soeharto sangat mendukung pemeliharaan kesehatan itu dengan sangat baik, di dalam maupun di luar negeri. Anak-anak Ria, Triadi, Dewi, alm Hadiono, Fajar, Bubu, Lubis dan dr. Rina serta cucu-cucu dan cicit-cicit memberikan dukungan penuh kasih sayang. Sehingga dedikasi dan kerja keras itu tidak pernah kendor. Cuti selalu diatur degan kunjungan lapangan sebagai konsultan yang sekaligus mengenalkan program berbasis masyarakat luas.

Akibatnya pada periode-periode tertentu ada gangguan jantung, ginjel, saluran pernafasan, saluran pencernaan dan lainya. Gangguan kecil biasanya diabaikan dan akibatnya menjadi bertambah berat.

Atas saran rekan-rekan dari Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga di Surabaya dan sahabat para dokter di Jakarta kita perlu pemeriksaan medis secara komprehensif . Di bawah Tim Dokter RSCM dipimpin Prof. Dr. Teguh Ranu Kusumo yang sejak bulan Oktober lalu melakukan pemeriksaan secara komprehensif dan penanganan lengkap. Semoga membawa manfaat dan usia panjang dengan pengalaman yang sangat luas berguna untuk Nusa dan Bangsa serta keluarga dan sejawat.