Senam Lansia di Sasana Tresna Werdha RIA Pembangunan

Instruktur senam Drs Soeparman, Ftr saat memberikan contoh dan bimbingan senam kepada para Lansia penghuni Rusunawa di kawasan Cibubur, Jakarta Timur

GEMARI.ID-JAKARTA. Sasana Tresna Werdha RIA Pembangunan (STW RP) yang biasa disebut Rusunawa khusus Lansia yang berada di kawasan Cibubur, Jakarta Timur, sering kali mengadakan kegiatan Senam Lansia. Kegiatan ini di bawah koordinasi Ibu Milangoni Subiakto Tjakrawerdaja, yang dulunya beliau adalah Ketua Umum Yayasan Karya Bhakti RIA Pembangunan (YKBRP), suatu yayasan yang menaungi STW RP. Hampir setiap minggu beliau mengajak para Lansia yang tergabing dalam group Pembina yayasan untuk ikut bergabung dalam Senam Lansia, meskipun secara daring, begitu juga pada hari ini. Senin (17/02/2022).

Menurut Ketua Badan Pelaksana STW RP, Ns. Ibnu Abas, M.Kep.,Sp.Keb.Kom, saat dihubungi awak media menjelaskan, Senam Lansia ini adalah bagian dari pelayanan rutin bagi penghuni Rusunawa ini, selain itu juga bertujuan untuk meningkatkan (promosi) kesehatan dan mencegah (preventif) dari gangguan kesehatan bagi lansia agar sehat dan mandiri selama mungkin, ujarnya.

Terlihat para Lansia penghuni Rusunawa mengikuti instruktur senam dengan hati bahagia dan wajah ceria

Lebih lanjut Abas mengatakan, penyelenggara kegiatan ini adalah Bagian Kesehatan dan Sosial dari STW RP dan selama pandemi dilaksanakan secara daring selama dua kali dalam se pekan, yaitu pada setiap hari Senin dan Jum'at, sedangkan untuk para Lansia penghuni Rusun Lansia STW RP dilaksanakan secara luring setiap hari Rabu dan Kamis, katanya.

Kegiatan Senam Lansia bagi para penghuni Rusunawa STW RP ini dibimbing langsung oleh Drs. H. Soeparman,Ftr. Wakil Kepala Rusunawa Lansia STW RP yang juga seorang ahli fisioterapi, pengurus Ikatan Fisioterapi Indonesia DKI Jakarta dan juga Lansia potensial yang telah berusia di atas 76 tahun. Untuk Senam Lansia yang dilaksanakan secara daring dengan aplikasi zoom biasanya diikuti oleh para Lansia penghuni Rusun Lansia, Ibu-ibu pengurus dan mantan pengurus YKBRP, anggota Day Care atau Pelayanan Harian Lanjut Usia, para pendidik di profesi fisioterapi mitra STW RP dan lansia umum lainnya, pungkasnya. @MDP

Mulyono PrawiroComment