Memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021

harip.jpeg

Menjelang tanggal 1 Juni 1999, suatu periode setelah Pak Harto menyatakan mengundurkan diri sebagai Presiden RI, Bapak Prof. Dr. BJ Habibie kemudian disumpah sebagai Presiden RI. Pada hari-hari sekitar tanggal 1 Juni 1999 tersebut beliau memutuskan bahwa Pemerintah secara resmi akan memperingati Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni. Kemudian diputuskan bahwa Peringatan Hari Lahir Pancasila yang sangat penting tersebut, apalagi untuk pertama kalinya,  dilaksanakan di Blitar, di halaman Makam Bung Karno, sekaligus sebagai Penghormatan pada pencipta dan Proklamator Kemerdekaan RI.

Satu hari menjelang tanggal 1 Juni tersebut Istana menjadi sangat sibuk. Presiden Prof. Dr. BJ Habibie disarankan tidak menghadiri peringatan itu karena dalam kunjungan ke daerah pada pertengahan tahun 1999 tersebut, termasuk kunjungan kerja ke Surabaya di Jawa Timur, selalu mendapat demonstrasi yang sangat besar dari masyarakat luas. Akhirnya diputuskan bahwa Presiden harus diwakili oleh salah seorang Menteri. Menko Polkam yang diminta mewakili Presiden merasa kawatir bahwa karena situasi politik yang hangat beliau termasuk rawan terhadap kemungkinan demo. Menko Perekonomian Kepala Bappenas sangat sibuk menerima Delegasi Bank Dunia yang sedang berkunjung ke Indonesia. Maka Presiden memutuskan menugaskan bahwa untuk “upacara militer” di halaman Makam Bung Karno di Blitar tersebut diserahkan kepada Menko Kesra dan Taskin Prof. Dr. Haryono Suyono dengan staf dan beberapa pejabat Sekretariat Negara.

Perangkat upacara di daerah diatur oleh Walikota Blitar, Kodam Jawa Timur dan seluruh jajarannya di Kabupaten dan Kota Blitar. Tepat pada tanggal 1 Juni 1999 untuk pertama kali Hari Lahir Pancasila diperingati di halaman Makam Bung Karno di Blitar. Pada peristiwa itu hadir perangkat Pemda Kota dan Kabupaten Blitar secara lengkap dan wakil keluarga Bung Karno. Upacara militer dihadiri para tokoh Pejuang Kemerdekaan dari Kabupaten dan Kota Blitar serta perwakilan Jawa Timur lainnya. Dalam barisan kehormatan hadir pula pasukan TNI ABRI lengkap sehingga upacara yang digelar adalah upacara militer lengkap. Menko Kesra bertindak mewakili Presiden RI memimpin upacara dan memberikan sambutan pentingnya Peringatan Hari Lahir Pancasila tersebut.

Sejak saat itu setiap tanggal 1 Juni diadakan Peringatan Hari Lahir Pancasila. Selamat memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021 semoga membudayanya Pancasila di bumi Indonesia mengantar seluruh anak bangsa kita terus berkembang maju, sejahtera dan mandiri. Aamiin YRA.

Haryono SuyonoComment