Mudrajad Kuncoro : Univeritas Trilogi Beri Beasiswa Gotong-Royong

GEMARI.ID-JAKARTA. Mantan Menko Kesra dan Taskin, Prof Dr Haryono Suyono didampingi mantan Sesmenko, Dr Moch. Soedarmadi secara khusus mengadakan pertemuan dengan Rektor Universitas Trilogi, Mudrajad Kuncoro, PhD yang membahas tentang kemungkinan pemberian Beasiswa Gotong-Royong bagi calon mahasiswa Universitas Trilogi. Pertemuan ini berlangsung di kampus Trilogi di kawasan Kalibata, Jakarta Selatan. Sementara Rektor didamping Ketua Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan, Hermawan Seftiono, S.TP, MSi. Selasa (9/11/2021).

Saat ditemui awak media seusai pertemuan, Mudrajad menyatakan, pertemuan dengan Prof Dr Haryono Suyono pagi ini yang sangat mendasar adalah adanya peluang tentang pemberian beasiswa Gotong-Royong yang didukung oleh dua yayasan, yaitu Yayasan Anugerah Kencana Buana dan Yayasan INDRA. Kedua yayasan ini akan membantu sepertiga beasiswa dari mahasiswa, lalu orang tua atau perusahaan dimana mahasiswa itu bekerja akan menopang sepertiganya dan Universitas Trilogi khususnya yayasan YPPIJ, juga akan membantu sepertiganya, tegasnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, untuk itu diharapkan dengan pola ini, mahasiswa yang kurang mampu, atau mahasiswa dari keluarga yang terpapar Covid 19, karena pandemi, karena PHK, karena kesulitan keuangan dan lainnya dapat dibantu dengan beasiswa ini.

Guru Besar Universitas Gadjah Mada ini menuturkan, sebenarnya animo mahasiswa itu luar biasa, kalau kita dari Universitas Trilogi yang PMB tahun ini jumlahnya telah mencapai 670 orang,  sedang yang sudah register tetapi  belum bayar, atau belum menentukan pilihan itu jumlahnya lebih dari 570 orang. Sebenarnya peluangnya masih sangat terbuka untuk kita memberikan bantuan, karena bantuan beasiswa selama ini sudah ada beberapa skema, antara lain beasiswa KIP atau Kartu Indonesia Pintar, yaitu ditujukan kepada keluarga yang tidak mampu, beasiswa afirmatif yaitu dari DPR dan ada dari Kemendikbudristek yang memberikan subsidi untuk UKT atau Uang Kuliah Tunggal sebesar Rp 2.500.000,- per mahasiswa dan pada tahun lalu setidaknya ada sekitar 1.200 mahasiswa Univeritas Trilogi yang dibantu dengan skema subsidi UKT ini dan tahun ini hanya sekitar 300 mahasiswa saja. Kalau kita melihat skema itu cukup menarik, apalagi ada skema beasiswa Gotong-Royong bisa menjadi salah tambahan skema beasiswa yang akan kita tawarkan pada tahun mendatang, ujarnya.

Mudradjat berharap, kalau mahasiswa itu ada kesulitan dan kita punya skema beasiswa yang bermacam-macam, baik itu beasiswa dari pemerintah, beasiswa dari yayasan yang dinamakan beasiswa 3M, artinya 3 milyar totalnya, untuk santri bener, untuk hafis, untuk yang punya prestasi yang luar biasa, seperti punya follower itu kita terima. Memang potensi mahasiswa itu bermacam-macam, ada yang di bidang akademis, bidang seni dan lainnya, lanjutnya.

Ia berpesan kepada para generasi muda, khususnya para mahasiswa Universitas Trilogi, prestasi mahasiswa itu bisa apa saja, mumpung anda masih muda temukan talenta anda, temukan bakat anda, baik itu pada panduan suara atau lomba karya tulis ilmiah, maupun olahraga dan yang penting para mahasiswa bisa membawa nama Universita Trilogi dan bisa mengharumkan nama Indonesia di luar negeri, agar mereka punya pengalaman, punya track record yang baik, tidak hanya dalam bidang akedemik saja, pungkasnya. (MDP)

Rektor Universitas Trilogi, Prof Mudrajad Kuncoro, PhD saat pertemuan dengan mantan Menko Kesra dan Taskin, Prof Dr Haryono Suyono di kampus di kawasan Kalibata, Jakarta Selatan

Mulyono PrawiroComment