Lisa Trina Arlym : STIKes MRH Jakarta Melampaui Standar Nasional DIKTI

GEMARI.ID-JAKARTA. STIKes Mitra RIA Husada Jakarta, selama ini telah melakukan penjaminan mutu melalui mekanisme kegiatan Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian dan Peningkatan Standar (PPEPP) yang secara khusus ditugas kepada Pusat Pengendalian Mutu Internal atau PPMI. Hal ini dilalukan dengan tujuan untuk memelihara dan meningkatan mutu pendidikan secara berkelanjutan yang dijalankan secara internal, demikian dijelaskan Lisa Trina Arlym, SST, M.Keb. Kepala PPMI STIKes MRHJ di kawasan Cibubur Jakarta Timur. Senin, 18 Oktober 2021.

Lebih lanjut Ia menjelaskan, untuk mewujudkan visi dan misi STIKes Mitra RIA Husada Jakarta serta memenuhi kebutuhan stakeholders melalui penyelenggaraan Tridharma perguruan tinggi yang berkualitas, kami telah ditetapkan sebanyak 35 Standar yang terdiri atas 24 Standar Nasional Dikti (SN Dikti) dan 11 standar perguruan tinggi. Seluruh standar sudah dilaksanakan dan dievaluasi serta dikendalikan melalui kegiatan Audit Mutu Internal (AMI). Audit Mutu Internal telah dilaksanakan dalam siklus enam bulanan dan 1 tahunan. Standar yang telah dilaksanakan 100% dan memenuhi target telah dilakukan perbaikan/peningkatan. PPMI memiliki 20 orang Auditor Internal yang telah dibekali dalam Pelatihan Auditor Mutu Internal pada tahun 2019.

Kepala PPMI ini menambahkan, produk PPMI STIKes MRH Jakarta antara lain ; Kebijakan mutu, manual mutu, standar mutu, standar operasional prosedur, dokumen, kebijakan AMI, pedoman AMI dan laporan-laporan kegiatan AMI serta peningkatan standar. PPMI juga mengkoordinasikan kegiatan pengendalian mutu oleh pihak eksternal melalui akreditasi baik akreditasi perguruan tinggi maupun akreditasi prodi.  PPMI juga telah melakukan benchmark ke institusi pendidikan lain untuk mengevaluasi dan meningkatkan proses maupun kualitas dari sistem penjaminan mutu di STIKes MRH Jakarta.

Dalam waktu dekat, kami akan melakukan kegiatan Audit Mutu Internal pada bulan November 2021 dan persiapan reakreditasi prodi STR Kebidanan dan Profesi Bidan, tegasnya.

Lisa berharap, penjaminan mutu merupakan awal dari menghasilkan lulusan berkualitas, oleh karena itu pengendalian mutu harus terus dilaksanakan secara berkesinambungan. Dan tentu saja ini akan membawa harapan banyaknya mahasiswa yang masuk ke STIKes Mitra RIA Husada Jakarta. Pungkasnya. (MDP)

Lisa Trina Arlym, SST, M.Keb saat berada di Kampus STIKes MRHJ Cibubur, Jakarta Timut

Lisa Trina Arlym, SST, M.Keb saat berada di Kampus STIKes MRHJ Cibubur, Jakarta Timut

Mulyono PrawiroComment