Hidroterapi Baik Untuk Pengobatan Stroke

GEMARI.ID-JAKARTA. Stroke adalah penyakit metabolik yang di akibatkan oleh prilaku manusia, gangguan metabolik adalah kelainan dalam proses metabolisme tubuh. Metabolisme adalah proses penguraian nutrisi dari makanan menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Ketika seseorang mengalami gangguan metabolik, proses metabolisme di dalam tubuh terganggu, sehingga produksi energi yang dibutuhkan untuk menjalankan berbagai fungsi tubuh juga terganggu, demikian dikatakan Ketua Yayasan Stroke Indonesia (Yastroki), Prof Dr dr Teguh AS Ranakusuma Sp.S(K) saat mengadakan Webinar, Kamis, 7 Oktober 2021 lalu.

Teguh mengingatkan, penyakit stroke bisa mengenai siapa saja, bukan saja orang tua, orang muda pun bisa terkena, penanganan pengobatan pasien stroke bukan saja dengan meminum obat tetapi juga perlu menjalani terapi, antara lain dengan hidroterapi atau terapi air, di Indonesia belum banyak rumah sakit yang menyediakan kolam renang untuk hidroterapi, para strokers berharap agar rumah sakit nasional di Indonesia mempunyai kolam renang untuk hidroterapi.

Ia menambahkan, masalah stroke di Indonesia tidak pernah surut bahkan terus meningkat, tapi kita bersyukur, di Indonesia masih banyak yang peduli dengan masalah stroke seperti para strokers ini. Kita Hidup bukan sendiri tapi saling membantu, semua kebaikan perlu disebar luaskan karena kebaikan bukan untuk sendiri saja, termasuk dalam pengobatan stroke guna mempercepat proses recovery atau pemulihan, ujarnya.

Lebih lanjut ia menegaskan, terapi air atau hidroterapi cukup baik untuk pengobatan orang stoke, prinsipnya kita hidup bersama air, kita harus berkawan dengan air, kalau kita kekurangan air itu bisa bahaya, kurang baik buat kesehatan, air itu sumber kesehatan dan kenikmatan kita.

 Ada beberapa manfaat dalam menjalani terapi dalam air atau hidroterapy, antara lain adalah, membuat keseimbangan tubuh lebih baik, menimbulkan rasa pijitan ditubuh, ini dapat memperlancar peredaran darah, adanya rasa sensasi tekanan di kaki dan tekanan air  dapat menyembuhkan pegal-pegal atau nyeri dan tekanan air dapat menstimulasi saraf, pungkasnya. (Budi K)

 

Ketua Yastroki, Prof Teguh AS Ranakusuma saat mengadakan Webinar bersama peseta lainnya

Ketua Yastroki, Prof Teguh AS Ranakusuma saat mengadakan Webinar bersama peseta lainnya

Mulyono PrawiroComment