Selamat Jalan Bapak Prof. Dr. Ir. Syarifuddin Baharsjah

ba1.jpg

Innaalillaahi wa innaailaaihi raajiun. Telah wafat Bapak Prof. Dr. Ir. Syarifuddin Baharsjah pada Kamis malam sekitar pukul 23.00. Bapak Prof. Dr. Ir. Syarifuddin Baharsjah adalah dosen senior, mantan Menteri Pertanian RI pada tahun 1993 sampai 1998 yang baru-baru ini bersama ibu  menjadi tamu “Haryono Show” melalui Acara bincang-bincang santai. Kita doakan semoga diampuni semua dosa dan kesalahan beliau. Kita ucapkan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya dengan diiringi doa semoga arwahnya diterima disisi Tuhan yang Maha Kuasa. Kita doakan agar semua keluarga diberikan kekuatan iman dan sabar.

Semasa hidupnya Prof Syarifuddin Baharsjah pernah menjabat sebagai Guru Besar Ilmu Ekonomi Pertanian di Institut Pertanian Bogor (IPB). Beliau juga dipercaya sebagai Menteri Pertanian Indonesia, yaitu pada 1993 hingga 1998 dalam Kabinet Pembangunan VI di masa pemerintahan Orde Baru. Sebelumnya beliau dipercaya sebagai Menteri Muda Pertanian.

ba3.png

Bapak Prof Dr. Ir. Syarifuddin Baharsjah adalah seorang yang sabar dan bijaksana sehingga dalam kariernya sebagai Menteri telah berjuang dengan gigih dalam rangka kecukupan pangan. Sangat luar biasa karena selanjutnya jabatan dan kegiatannya diteruskan oleh Ibu, suatu penugasan yang langka karena praktis beliau menjabat Menteri untuk dua periode.  Di tingkat dunia, Prof. Sjarifuddin Baharsyah a dipercaya oleh lembaga internasional sehingga sampai dua periode (1997 hingga 1999 dan 1999 hingga 2001) menjabat sebagai Ketua Independen Food and Agriculture Organisation (FAO), suatu lembaga di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang berkedudukan di Roma, Italia

limpo.png

Siang harinya Menteri Pertaanian RI, Bapak Syahrul Yasin Limpo dan jajarannya menyempatkan datang ke rumah duka guna memberikan doa dan mengucapkan bela sungkawa kepada Ibu serta keluarga mendoakan kiranya lmarhum diberikan tempat yang terbaik disisiNya dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan tawakal. Kunjungan Bapak Menteri Pertanian itu disambut dengan rasa terima kasih dan hormat yang mendalam.

ba2.jpg

Insya Allah jenazah Prof. Dr. Syarifuddin Baharsjah akan dimakamkan di San Diego Hills pada siang nanti. Semoga Allah SWT mengampuni dosanya dan menerima amal ibadahnya sertw kreluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan merelakan kepergian beliau. Aamiin YRA.

Haryono SuyonoComment