Desa Malalin Latih Warga Bikin Jamu dan Antiseptik

antiseptik.jpg

Akhir Juni yang lalu Tim Kerja  Kementerian Desa PDTT melaporkan bahwa Pemerintah dan warga Desa Malalin berpartisipasi aktif dalam aksi menangkal penyebaran virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Enrekang. Dana Desa dimanfaatkan untuk melatih warga dalam pembuatan antiseptik, pemeriksaan suhu tubuh, pembuatan berbagai jenis jamu, dan pengolahan tanaman untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Desa Malalin terletak di Kecamatan Cendana, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Pembuatan antiseptik menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapat di lingkungan desa.

Masyarakat juga berlatih membuat jamu dan olahan tanaman yang bernilai gizi tinggi, seperti daun kelor, kunyit, jahe, temulawak, daun sirih dan jeruk nipis. Gunanya untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Pelaksanaan pelatihan di atas dibimbing oleh Pendamping Kecamatan Mansur, SE dan Syahrir Mardua Mallapa, serta pemateri dari Pendamping Tenaga Ahli Kabupaten Nurhaji Majid.

Selain itu, Pemdes Malalin juga melakukan pemeriksaan suhu tubuh masyarakat desa. Warga tampak sangat antusias mengikuti seluruh kegiatan tersebut. Inovasi di atas merupakan langkah sinergi Pemerintah Desa Malalin dengan kegiatan Pemerintah Kabupaten dan Gugus Tugas dalam menangkal penyebaran virus Corona. Langkah Desa Malalin patut diacungi jempol dalam mendukung kebijakan pemerintah untuk mempersiapkan kehidupan dengan Normal Baru. Pemerintah Desa Malalin berharap inovasi tersebut melahirkan kesadaran sekaligus membekali keterampilan warga dalam menghadapi ancaman virus Covid-19

Haryono SuyonoComment