Perpustakaan Desa Kolai Ikut Lomba Tingkat Nasional

perpustakaan.jpg

Gedhe Nusantara dari Kementerian Desa PDTT menjelaskan bahwa Perpustakaan Desa Kolai mampu menembus tahap enam nominator terbaik lomba perpustakaan desa tingkat nasional. Perpustakaan Desa Kolai lahir dari kecintaan Kepala Desa terhadap buku. Perpustakaan didirikan bermodal hibah koleksi bukunya dan kegigihannya membangun ruang khusus di kantor desa sebagai ruang perpustakaan desa. Desa Kolai terletak di Kecamatan Malua, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Perpustakaan Desa Kolai diberi nama Perpustakaan Gerbang Ilmu. Perpustakaan Desa Kolai menjadi ujung tombak untuk membudidayakan kegemaran membaca pada masyarakat desa. Perpustakaan menyediakan buku bacaan lengkap untuk semua kalangan dan kelompok usia. Masyarakat desa dapat mengakses beragam ilmu pengetahuan dengan membaca koleksi-koleksi perpustakaan, baik buku maupun multimedia. Selain membaca, pengunjung dapat terlibat dalam kegiatan pengembangan kapasitas, seperti pelatihan komputer dan keterampilan. Tak heran, perpustakaan desa selalu ramai pengunjung tiap harinya.

Perpustakaan desa masuk dalam program prioritas pembangunan desa. Desa Kolai memperkenalkan strategi pemberdayaan masyarakat yang inovatif, yaitu “Literasi untuk Kesejahteraan”. Tidak heran, pengelolaan perpustakaan melibatkan karang taruna agar layanannya menarik bagi kaum muda. Untuk pengembangan perpustakaan, Pemerintah Desa Kolai menggandeng Perpustakaan Daerah sebagai tenaga pendamping. Mereka memperoleh dukungan melalui perangkat komputer dan internet yang tujuan untuk mendorong warga belajar menggunakan komputer dan mengakses informasi yang positif.

Melalui program tersebut, mereka mendapat pendampingan dari fasilitator Perpustakaan Daerah dalam mengembangkan perpusdes Kolai. Perpustakaan Desa Kolai juga merupakan salah satu mitra Program PerpuSeru. Dari program itu, mereka memperoleh dukungan perangkat komputer dan internet.

Haryono SuyonoComment