Ziarah kepada Pahlawan Bangsa

zi1.jpg

Tiga hari lagi seluruh anak bangsa Indonesia akan merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 2020. Pada hari-hari seperti ini seluruh anak bangsa mengingat para pahlawan yang telah mengorbankan segalanya untuk kemerdekaan bangsa, berjuang mempertahankan kemerdekaan dan mengembangkan anak bangsanya belajar giat agar mampu meneruskan perjuangan tersebut. Hari ini pula adik-adik Pramuka, sebagai kader anak muda bangsa,  memperingati Hari Proklamasi sekaligus  Hari Ulang Tahunnya. Pada malam tanggal 16 Agustus, para punggawa biasanya mengadakan apel di Makam Pahlawan Kalibata atau pada  Makam Pahlawan lain di seluruh Indonesia mendoakan agar arwah para pahlawan bangsa itu di terima dengan baik di sisi-Nya.

Dalam kesempatan yang sama keluarga Haryono Suyono bersama anak-anak, adik, cucu dan cicit, hari ini secara khusus mengadakan Ziarah ke Makam Pahlawan Kalibata karena memiliki seorang “pahlawan kecil” di lingkungan keluarga yang di makamkan juga di Makam Pahlawan itu, yaitu Almarhumah Ibu Astuty Haryono Suyono. Bagi kami, Ibu Astuty Haryono adalah pahlawan yang di dalam lingkungan keluarga, kita tahu, secara diam-diam selalu mengorbankan segalanya untuk kepentingan keluarga dan masyarakat sekitarnya. Sering simpanannya di kuras untuk membantu anak cacat, keluarga tetangga yang mau mengirim anaknya ke sekolah, bahkan yang kekurangan biaya untuk mengkhitankan atau menikahkan anaknya yang “kebelet nikah” tetapi orang tuanya tidak mampu.

Kebaikan hati beliau sejak wafat sampai hari ini masin saja disambut handai taulan bertubi-tubi melalui SMS simpati duka cita dari seluruh Indonesia yang baru mendengar bahwa beliau telah wafat pada tanggal 7 Juni yang lalu, tetapi banyak yang merasa kecewa baru mendengar karena dalam situasi serangan Covid-19 berita duka tidak selalu mudah menjalar, kalah dengan hiruk pikuk berita duka karena serangan Virus yang sangat berbahaya tersebut. Bahkan ada saja yang datang Ziarah ke Makam karena merasa tersentuh oleh kebaikan hati beliau semasa hidupnya.

zi2.jpg

Hari ini kami Ziarah dan di sebelah menyebelah makam beliau banyak juga keluarga lain yang berziarah ke Makam sanak keluarganya karena mereka pasti menganggap bahwa keluarganya adalah “pahlawan” dalam arti yang luas dan berhak mendapat kehormatan di makamkan di Makam Pahlawan Kalibata yang terhormat sehingga pada saat menjelang Hari Keramat 17 Agustus pantas mendapat kehormatan untuk di kunjungi Ziarah dan didoakan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar diampuni dosa dosanya dan arwahnya ditempatkan di sisi-Nya yang terbaik.

Dengan niat yang sama pagi ini almarhumah ibu Astuty Haryono mendapat kunjungan Ziarah dari pak Haryono, mas Fajar, mas Rudi, mbak Rina, adik-adik mbak Tini, IIk, ponakan serta cucu, pak Keling dan pak Bibit yang dengan tekun melantunkan doa dan membacakan surat Yasin. Semoga Eyang, Ibunda almarhumah diampuni dosa-dosanya dan tenang berada di tempat terbaik di sisi-Nya. Aamiin,

Haryono SuyonoComment