Wisata Atoga River View di Bolang Mongondow

bumdes-pelangi-desa-atoga-timur-boltim.jpg

Desa Atoga Timur memiliki sumber daya alam yang indah yang kemudian dikelola menjadi destinasi wisata. Salah satunya adalah Wahana wisata Atoga River View (ARV) Outbond yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Pelangi Atoga Timur. Setelah dikelola daerah wisata ini mampu menyumbang pendapatan asli desa di atas 300 juta rupiah dan memperkerjakan kurang lebih 60 orang.

Desa Atoga Timur terletak di Kecamatan Motongkad, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sulawesi Utara. BUMDes Pelangi Desa Atoga Timur telah melakukan terobosan untuk memajukan ekonomi masyarakat dengan mengembangkan berbagai usaha.

Setelah sukses dengan pengembangan usaha kerajinan tangan, sejak 2018 lalu, BUMDes Pelangi telah mengembangkan sejumlah desa wisata, seperti Desa Wisata Twin Zip Bike, Hot Air Ballon, Colorful Butterfly, Sun Flower Selfie, Crush Egg Selfie, Hammock on River, dan Bamboo Bridge.

Keberhasilan BUMDes Pelangi adalah hasil dari sinergi dan kerja tim antara BUMDes dan Pemerintah Desa Atoga Timur, terutama dalam mengeksplorasi potensi desa. Wujud nyata dukungan pemerintah desa adalah program membangun fasilitas jalan masuk ke lokasi wisata ARV Outbond yang dikelola BUMDes Pelangi.

BUMDes pelangi juga rajin mempromosikan inovasinya hingga viral di media sosial. Dampaknyaa, semakin banyak orang mengetahui dan mengenal aneka fasilitas wisata desa. Para pengunjung yang datang di ARV Out Bound bervariasi, dari dalam daerah dan dari luar provinsi.

Dari pengalaman ini terbukti bahwa sektor pariwisata mampu mengangkat tingkat kesejahteraan masyarakat dan mengurangi angka pengangguran. Berkat keberhasilan mengelola BUMDes, pada 2019, Desa Atoga Timur menerima penghargaan terbaik kedua nasional kategori BUMDes inovatif dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Haryono SuyonoComment