Desa Sendoyan Kembangkan Batu Layar Jadi Destinasi Wisata Ngetop di Sambas

Sendoyan.jpg

Tim Inovasi Desa dan Daerah Tertinggal, Kementerian Desa PDTTmelaporkan bahwa Pemerintah Desa Sendoyan, Kecamatan Sejangkung, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat mengembangkan potensi wisata Batu Layar. Batu Layar memiliki keunikan yang patut dikemas dan dipromosikan untuk dikembangkan menjadi alternatif destinasi wisata di Kabupaten Sambas.

Di kawasan Batu Layar ada sejumlah jenis bentuk batu unik yang muncul di permukaan tanah dan menyerupai sesuatu. Sesuai dengan namanya, Batu Layar atau batu seperti layar kalap berkembang. Kemudian Batu Ular Sawak atau piton yang menyerupai ular, Batu Kapal, Batu Lorong, Batu Pasong, Batu Batok, Gua Kelawar, dan lainnya.

Selain batu, ada Bukit Penyupan yang tak kalah mempesona. Di bukit tersebut pengunjung disuguhkan hutan dengan aneka pohon-pohon dan pemandangannya. Sensasi selusur bukit akan membawa pengunjung akan pentingnya menjaga hutan untuk kehidupan kita.

Pemerintah Desa Sendoyan memiliki komitmen untuk memajukan desa dengan berbagai inovasi dan dukungan anggaran setiap tahun. Apalagi masyarakat di sini sangat antusias, kompak, semangat dan mau mengembangkan potensi daerahnya.

Untuk pengelolaan wisata, Pemerintah Desa Sendoyan membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Pokdarwis beranggotakan warga masyarakat dari Dusun Batu Layar. Pokdarwis tengah menyiapkan wahana outbond sebagai titik awal pengembangan destinasi lainnya. Dalam pengembangan outbond yang dilakukan secara bertahap akan dibuat seperti Flying Fox, Jembatan Tali, Kids Army, Panahan, Paint Ball, Camping Area, Trecking and Hiking, Foto Both dan lainnya.

Meski berangkat dari nol, Pokdarwis Batu Layar terus belajar serta menggali potensi-potensi wilayah yang akan dikembangkan. Selain potensi wisata, Batu Layar merupakan sentra lada di Kabupaten Sambas.

 

Haryono SuyonoComment