Penghargaan TVRI untuk Presenter Plengkung Gading

IMG_5235.JPG
IMG_5195.JPG

Semalam Kepala Stasiun TVRI Yogyakarta membuat suatu Acara kejutan. Pada akhir Acara Plengkung Gading yang berlangsung meriah dan menghasilkan kiriman SMS dan WA tidak kurang dari 1751 selama satu jam siaran non stop dengan dialog yang dihadiri oleh Bupati Kulon Progo,H. Soetejo,  Rektor Universitas Mercu Buana di Yogyakarta, Dr. Alimatus Sahra, Ketua KMA PBS, Suaid Bidu, Ketua Yayasan Dharmais, indra kartasasmita,  dan Sekretaris Yayasan DAmandiri, Firdaus, dua-duanya dari Jakarta, Ketua LPPM Mercu Buana, Awan Santoso, Dekan Fakultas Peternakan UGM, Prof. Dr. Ali Agus, Ibu Bidan Purnawati dan puluhan mahasiswa Mercu Buana, mendadak muncul Kepala Stasiun TVRI Yogyakarta, Tri Widiarto di kawal beberapa stafnya yang cantik-cantik membawa nampan berisi satu Plaket yang ternyata adalah Hadiah Penghargaan dari TVRI Yogyakarta untuk Penyiar Legendaris Prof Dr. Haryono Suyono, yang sejak tahun 2000 bertindak sebagai Pemrakarsa dan Pembawa Acara Plengkung Gading yang didukung oleh Mbak Siwi dan mas Dibyo dan disiarkan TVRI Yogyakarta selama 20 tahun tanpa putus. Acara yang meraih rating sangat tinggi, bahkan Acara yang sutradarai Sari Nainggolan tersebut menghasilkan beberapa Penghargaan sebagai Talk Show yang berbobot secara lokal dan nasional. Pemandu Acara Prof. Dr. Haryono Suyono selama lima belas tahun pertama di sponsori Yayasan Damandiri, dalam lima tahun terakhir mendapat dukungan dari Basnaz tingkat pusat, BKKBN Pusat, BKKBN DI Yogyakarta, Kementerian Desa PDTT dan sponsor lain termasuk dari TMII yang memberi hadiah kepada penebak Quis yang jitu berupa Kartu Bebas Masuk TMII dari Direktur Utama TMII, Jendral (Purn) Tanri Lamo untuk lima keluarga selama satu tahun penuh.

IMG_5262.JPG

Sungguh sangat menarik, Acara Perdana tahun ini yang dipromosikan selama kurang lebih satu minggu melalui TVRI Yogyakarta telah menarik minat dari lebih 5.000 pengirim SMS, Twiter dan WA yang menanyakan informasi detail tentang hadiah yang disediakan apakah termasuk bagi penonton siaran streaming dari luar daerah Yogyakarta. Ternyata dari enam pemenang hadirah yang disediakan ada juga yang berasal dari penonton siaran streaming dari luar Provinsi DI Yoyakarta sehingga Acara Plengkung Gading yang populer itu ternyata menarik perhatian dari penonton TVRI dari luar Yogyakarta. Suatu media yang ternyata cukup populer sebagai Acara hiburan informatif tentang pemberdayaan keluarga dan upaya pengentasan kemiskinan yang dibawakan dengan gaya santai dan ceria.

IMG_5242.JPG

Setelah menerima tanda penghargaan itu Prof. Dr. Haryono Suyono menjelaskan bahwa Acara Plengkung Gading sedang diusahakan untuk dilanjutkan dan diharapkan Acara serupa bisa di gelar melalui Stasiun TVRI Surabaya di Jawa Timur dan Stasiun TVRI di Semarang di Jawa Tengah. Mereka yang berkenan menjadi sponsor di harapkan bisa menghubungi Universitas Trilogi, Jl. Makam Pahlawan 1 di Jakarta atau Yayasan Snugerah Kencana Buana dengan alamat Jl. Pengadegan Barat 4, Jakarta.

Haryono SuyonoComment